FOTO: Konsep Tak Biasa Pagelaran Busana Didi Budiardjo

Busana Rancangan Didi Budiardjo
Sumber :
  • Dok. Bazaar Fashion Festival 2014

VIVAlife - Ada yang berbeda dan unik dalam Bazaar Fashion Festival tahun ini, khususnya di sesi IPMI Trend Show 2015. Hal tersebut adalah konsep presentasi karya busana dari para desainer.

Selain menampilkan konsep runway yang memang telah menjadi standar internasional sebuah pekan fesyen, penyelenggara juga menampilkan konsep White Cube. Konsep presentasi kreatif ini sebelumnya sudah banyak dipakai di luar negeri, seperti di London (Inggris), Hong Kong, Sao Paulo (Brazil), dan kini diadaptasikan di Indonesia.

Dalam konsep White Cube, para desainer lebih bebas berekspresi di sebuah ruangan serba berwarna putih. Para desainer dibebaskan untuk membuat bentuk presentasi apapun yang diinginkan, baik dalam bentuk pameran atau bentuk kreasi lainnya.

6 Lokasi Camping Populer di Luar Negeri, Ayo Kunjungi!

Ruang presentasinya sendiri dibangun mengikuti rangka sebuah kotak yang dapat menampung 250 pengunjung. Hal ini berbeda dengan runway yang menampung jumlah pengunjung lebih banyak yaitu 700 orang.

Salah satu desainer sekaligus anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) yang menampilkan rancangan busananya di White Cube Stage adalah Didi Budiardjo.

Didi mengatakan, konsep White Cube memungkinkan para pengunjung merasa lebih intim dengan karya busana para desainer. Hal ini terlihat saat peragaan busana koleksinya yang bertajuk Criterion - Didi Budiardjo Resort 2015. Para pengunjung bisa melihat lebih dekat dengan 12 karya busana miliknya.

Para model berjalan dan berkeliling di antara kerumunan pengunjung, kemudian berhenti dan berpose sambil berdiri di antara balok-balok putih berbagai ukuran. Suasana dalam White Cube seperti dalam sebuah galeri seni di mana para pengunjung seperti menyaksikan patung-patung hidup.

Para pengunjung termasuk fotografer bisa bebas melihat dan memotret lebih dekat dengan karya Didi. Namun, konsep ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengunjung yang memotret khususnya jurnalis foto untuk mengabadikan setiap momen. Mereka harus saling memperebutkan spot terbaik dengan para pengunjung saat memotret setiap busana yang ditampilkan.

Kemudian sang desainer, Didi Budiardjo, berdiri di tengah-tengah sehingga pengunjung pun leluasa berinteraksi lebih banyak dengannya.

"White cube mungkin di Indonesia belum ada tapi di luar sudah lazim. Untuk desainer lebih intimate memamerkan karyanya. Yang penting desainer bisa mempresentasikan karyanya karena cost runway juga tinggi, " ujar Didi.

Ia pun menambahkan,"Konsep ini bisa menjadi alternatif bagi desainer muda yang ingin menggelar peragaan busana tanpa memakan biaya banyak, namun pesan dapat tersampaikan dengan maksimal." (ita)

Lihat foto-fotonya di

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman
Presiden Joko Widodo.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Presiden Joko Widodo meresmikan sejumlah proyek revitalisasi pascabencana tsunami tahun 2018 silam.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024