Intip Tren Teknik Membuat Pastry di 2015

Patissera Trending Pastry & Bakery Festival 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Tasya Paramitha

VIVAlife - Dalam hal membuat kue, pastry atau roti, teknik adalah salah satu hal yang paling penting yang menentukan cita rasa dan hasil akhir. Berbagai teknik, mulai dari tradisional hingga modern digunakan oleh seluruh pastry chef di seluruh dunia untuk membuat dessert yang unik.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Namun, ternyata di zaman sekarang masyarakat dan penggemar pastry lebih mencari sesuatu yang inovatif, berbeda, dan yang belum pernah diciptakan sebelumnya.

Untuk itu, terdapat dua teknik membuat kue dan pastry yang diprediksi akan menjadi tren di tahun depan. Salah satunya telah menjadi tren di tahun ini, yakni yang dinamakan mash up, yang merupakan teknik pembuatan pastry dengan menggabungkan dua, atau lebih elemen dari produk yang berbeda.

"Teknik mash up dapat menggabungkan beberapa resep, bahan utama, konsep produk, maupun produk khas dari berbagai tempat," ujar Joy Pelo Jr, international pastry chef dan chocolatier di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis 23 Oktober 2014.

Beberapa contoh teknik mash up, atau di beberapa negara disebut hybrid antara lain adalah menu kreasi toko kue Dominique Ansel Bakery di New York, yang dinamakan cronut. Menu ini berupa pastry setengah croissant dan setengah donat.

Cronut telah begitu populer di kota tersebut sejak pertama kali diluncurkan pada awal tahun ini. Hingga sekarang, berbagai bakery dan toko kue di seluruh dunia turut menjual cronut yang menarik begitu banyak pelanggan.

Pelo juga menambahkan bahwa selain teknik pencampuran dua, atau lebih elemen untuk menciptakan inovasi varian pastry, atau produk bakery baru, masih ada teknik lain yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2015 mendatang.

Dinamakan switch up, ini merupakan teknik pembuatan pastry dengan meningkatan nilai suatu produk. Peningkatan nilai tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan bahan yang lebih berkualitas, maupun meningkatkan penampilan dan level produk pastry.

"Jadi, teknik switch up ini bagimana caranya meningkatkan standar produk pastry. Bisa garnish-nya, atau bahan-bahan pembuat yang jauh lebih berkualitas," kata dia. (asp)

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024
PT Pos Indonesia (Persero) Salurkan Bansos dan PKH ke 2.500 Keluarga Penerima Manfaat

Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini

PT Pos Indonesia (Persero) kembali menyalurkan bansos sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024