FOTO: Keanggunan Bangsawan Jawa dalam Koleksi Barli Asmara

Busana Rancangan Barli Asmara
Sumber :
  • Dok. Panitia Pesta Indonesia dan Bazaar Fashion Festival 2014

VIVAlife - Budaya Jawa identik dengan nilai keseimbangan, keselarasan, dan keserasian dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, budaya Jawa pun identik dengan sistem kerajaan atau feodal. Kekayaan nyata dari budaya Jawa dapat kita temui dalam sisi keindahannya melalui seni tari, seni musik, seni rupa, dan seni sastra.

Terinspirasi dari semua warisan kekayaan budaya Jawa tersebut, perancang busana Barli Asmara menampilkan koleksi terbarunya yang bertema Royal Javanese. Koleksinya ini dipamerkan dalam sesi Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) Trend Show 2015 di runway Pasar Indonesia dan Bazaar Fashion Festival 2014, Jakarta Convention Center.

Sesuai namanya, Royal Javanese, koleksi terbaru Barli ini mempunyai kesan mewah, anggun, dan cantik dengan mengangkat kebudayaan Jawa.

"Indonesia kaya akan budaya, salah satunya adalah budaya Jawa. Inspirasi desain dalam koleksi ini adalah tarian, batik, aksesori, dan riasan wajah khas Jawa," ungkap Barli.

Keindahan budaya Jawa juga dipresentasikan Barli dengan esensi internasional tetapi tetap memakai ciri khas desainnya, yaitu detail yang teliti, baik pada tekstur bahan, pengolahan payet, atau bordir. Detail tersebut bisa ditemukan pada detil payet, permata, bulu, acrylic, tulle, rhinestones, rajutan, taffeta, dan mutiara. Barli selalu menampilkan perpaduan antara desain modern dan edgy di setiap rancangan busananya.

"Siluet seperti Ratu Keraton yang memang terkesan banyak siluet kembang dengan bustier. Ada campuran peranakan dari kerah dengan detail fringe," ujar Barli lagi.

Perancang busana kelahiran Bandung, 3 Maret 1978 ini juga terinspirasi dari siluet pakaian terdahulu hingga masa kini. Namun, tetap mempertahankan siluet yang feminin dan elegan seperti dress duyung, A-line, ball gown, dan body-fit.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Untuk semua koleksi busana yang ditampilkan, Barli memilih warna emas, hitam, serta sentuhan nuansa sendu. Material yang digunakan didominasi oleh tulle, taffeta, sequin, dan lace. Tak hanya itu, koleksi ini juga dilengkapi dnegan custom accessories seperti sepatu, kalung, gelang, hiasan rambut, dan hiasan pinggang yang dirancang khusus dengan memakai material ukiran, acrylic, dan batu-batuan.

"Kekuatan dari Royal Javanese ini memang bisa dilihat dari inspirasinya banyak terlihat dari pattern-nya yang memang ukiran-ukiran Jawa, warnanya kuat sekali dengan warna hitam dan emas," ucap Barli.

Bisa dikatakan jika Royal Javanese menggambarkan kecantikan dan kemawahan budaya Indonesia yang dituangkan dalam rancangan adibusana dari Barli Asmara.

Lihat foto-fotonya di

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

(ren)

Jayabaya

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia

Pada Kitab Musasar Jayabaya disebutkan bahwa, di bait 18 disebutkan sempat meramalkan para pemimpin cerdas yang dimiliki Indonesia. berikut isi salah satu bait penjelasan

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024