Atasi Stres Lewat Posisi Duduk

Ilustrasi wanita bekerja dengan komputer
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Sebuah studi yang dilakukan University of Auckland di New Zealand menemukan bahwa postur tubuh punya kaitan signifikan dengan suasana hati. Para peneliti menyatakan bahwa cara tercepat mengatasi rasa stres atau suasana hati muram adalah dengan duduk tegak. 

Esports: PUBG Mobile kolaborasi dengan SPYxFAMILY

Mereka menemukan bahwa orang yang duduk tegak dengan bahu lurus, punya suasana hati yang lebih baik ketimbang mereka yang duduk menunduk atau dengan bahu terkulai, saat harus menghadapi kondisi stres. 

Dilansir Daily Mail, hal itu disebabkan postur tubuh ternyata berpengaruh terhadap suasana hati, karena posisi otot yang berbeda akan memengaruhi fungsi hormon dan sistem saraf.

Jordi Amat Ungkap Neneknya Menangis saat Timnas Indonesia Pecundangi Vietnam

Mereka yang duduk tegak, diketahui punya rasa percaya diri lebih tinggi, suasana hati yang lebih baik dan rasa takut yang lebih rendah. Mereka yang duduk tegak juga menggunakan kata-kata yang lebih positif ketika berbicara. 

Sebaliknya, partisipan yang duduk membungkuk, dilaporkan lebih tegang, cenderung gugup dan berlaku kasar. Mereka juga pasif dan lebih cepat lelah. 

Menhub Sambut Baik Keputusan ASN Bisa WFH 16-17 April

Para peneliti memilih 74 partisipan secara acak dan meminta mereka duduk tegak atau membungkuk. Para partisipan kemudian diminta menceritakan tentang karier impian mereka selama lima menit.

Studi yang diterbitkan di jurnal Health Psychology tersebut menyimpulkan bahwa duduk tegak mungkin hanya sikap tubuh yang sederhana, namun ternyata punya manfaat lebih dalam menangkal stres. (art)

IAN alias Pian, pelaku perampokan turis Perancis saat diamankan petugas kepolisian.(dok Polda Sumut)

Tampang Pelaku Perampokan Sadis Turis Perancis di Bukit Sipiso-piso Kabupaten Karo

Pelaku perampokan sadis turis asal Prancis di Bukit Sipiso-piso Kabupaten Karo ditangkap aparat dan diberi tindakan terukur

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024