Cara Mudah Jaga Kesehatan: Potong Kuku

Ilustrasi kuku
Sumber :
  • iStock
VIVAlife -
Ambisi Tim Bulutangkis Indonesia Raih Juara Piala Thomas dan Uber 2024
Tahu kah Anda bahwa kuku dapat menandakan kondisi kesehatan keseluruhan Anda? Karena itu, penting untuk memotong kuku secara berkala dan menjaga kebersihan serta kerapihan kuku tangan juga kaki Anda.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

Manfaat utamanya tentu saja untuk memghindari berbagai penyakit. Kuku yang kotor adalah sumber kuman dan penyakit. Untuk itu, selalu cuci dan rapikan kuku Anda.
Timnas Indonesia U-23 Tak Gentar dengan Rekor Mengerikan Korea Selatan


Anda malas memotong kuku? Simak saja lima penyakit yang diakibatkan kuku panjang, seperti dilansir
Boldsky:

Kuku tumbuh ke dalam kulit


Ini adalah kondisi medis paling serius yang dapat disebabkan oleh kebiasaan Anda yang malas memotong kuku. Dinamakan
onychocryptosis,
kondisi ini bisa terasa sangat menyakitkan dan tidak nyaman. Saat kuku Anda terlalu panjang, mereka dapat tumbuh ke dalam dan menusuk kulit Anda. Dampaknya adalah pembengkakan hingga infeksi.


Infeksi bakteri


Menjaga kebersihan dan kerapihan kuku tak kalah penting dengan merawat kulit. Terutama kuku kaki karena memakai kaus kaki atau sepatu setiap hari mampu menyebabkan menumpuknya bakteri. Ini diakibatkan kaki Anda tidak dapat "bernafas" saat berkeringat ketika memakai sepatu. Untuk itu, potong dan rapikan kuku secara berkala agar terhindar dari infeksi. Selain itu, pastikan pula Anda tidak menggunakan kaus kaki kotor karena berisiko menyebabkan kuku terinfeksi bakteri.


Infeksi jamur


Kuku yang rapi menandakan kebiasaan orang menjaga kebersihan tubuhnya. Tidak memotong kuku secara rutin juga mampu menyebabkan infeksi jamur yang jika terjadi bisa benar-benar gatal dan memerah. Infeksi yang disebut
Tinea
atau
athlete's foot
ini biasanya berupa ruam berwarna putih di area kulit di sekitar jari kaki. Ini umumnya juga mempengaruhi kuku menjadi berwarna kekuningan.


Cedera kuku


Kuku yang panjang baik itu di jari tangan atau kaki meningkatkan risiko Anda cendera terutama ketika membentur benda seperti pintu atau kaki meja. Hal ini tak boleh disepelekan karena dapat menyebabkan kuku patah, luka dan pendarahan di dalam kulit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya