Begini Cara Usir Ketombe dari Rambut

Ilustrasi rambut
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang umum terjadi. Meski demikian, kondisi itu memang sangat mengganggu. Serpihan putih dan juga diikuti dengan rasa gatal, mengganggu aktivitas dan penampilan.
Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Berbagai cara dilakukan agar bisa menghilangkan ketombe dari rambut. Mulai dari perawatan ke salon hingga mengganti sampo. Namun, ketombe tak juga hilang. 
4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

Jangan panik. Cobalah beberapa cara berikut ini, seperti dilansir dari Times of India:
5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Terapi minyak panas

Terapi ini bisa dilakukan di rumah. Metode ini bisa mencegah dan mengendalikan ketombe pada kulit kepala. Perawatan ini juga bisa mengurangi kekeringan pada kulit kepala, dan mencegah penyumbatan pori-pori pada kulit kepala.

Caranya, panaskan minyak zaitun, dan oleskan ke kulit kepala dengan kapas. Kemudian digosok dengan lembut untuk menghilangkan serpihan putihnya. Celupkan handuk ke dalam air panas, peras, dan bungkus rambut dengan handuk panas, ulangi hingga tiga sampai lima kali. Kegiatan ini dilakukan sekali atau dua kali seminggu.

Keramas setidaknya tiga kali seminggu

Ini juga penting. Jangan gunakan sampo berlebihan saat keramas. Gunakan secukupnya dan bilas dengan bersih. 

Perasan lemon

Lemon dikenal sebagai bahan yang ampuh untuk penyembuhan kulit kepala gatal. Tuangkan perasan lemon di atas kulit kepala, diamkan selama beberapa menit. Setelah kering, bilas dengan sampo. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya