Makanan Berlemak yang Justru Bikin Sehat

Ilustrasi alpukat
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Bagi para pelaku diet, makanan berlemak haram hukumnya. Pasalnya, makanan berlemak dituding jadi penyebab utama tubuh berubah melar. Apalagi kaum hawa, banyak di antara mereka yang benar-benar menjauhi lemak. Padahal, lemak tidak selamanya buruk. 

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa

Dilansir dari Huffington Post, sebenarnya tubuh membutuhkan lemak, namun tidak dalam jumlah berlebihan. Lemak memberi tubuh energi, menjaga kesehatan kulit dan rambut. Selain itu bisa menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Lemak tak jenuh ada beberapa tipe, yakni lemak tak jenuh tunggal dan ganda, namun keduanya sama-sama baik untuk tubuh. Untuk lemak tak jenuh ganda, dapat membantu menurunkan kolesterol. Sementara lemak tak jenuh tungga dapat meningkatkan kolesterol baik yang disebut HDL, dan menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Berikut makanan mengandung lemak tak jenuh seharusnya dikonsumsi demi kesehatan:

Alpukat

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Setengah dari buah alpukat, mengandung 15 gram lemak dab 10 di antaranya mengandung lemak tak jenuh. Cobalah mulai mengonsumsi buah hijau ini untuk menambah energi.

Kacang-kacangan

Hampir semua jenis kacang dihindari karena dianggap sebagai penyebab kegemukan. Namun kacang almond mengandung kalori paling rendah. 1 ons almond mengandung lebih dari 15 gram lemak. 9 gram lemak tak jenuh tunggal dan 3,5 lemak tak jenuh ganda.

Salmon

Harganya memang selangit namun lemak di dalamnya sangat baik untuk tubuh manusia. Bila bosan, Anda bisa menggantinya dengan tuna dan sarden. Ikan tinggi lemak ini sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung. 

Telur

Sudah bukan rahasia lagi telur dianggap sebagai sumber lemak yang cukup besar. Memang, dalam satu butir telur mengandung 5 gram lemak. Namun didominasi oleh lemak tak jenuh. Sekitar 2 gram  lemak tak jenuh tunggal dan 1 gram lemak tak jenuh ganda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya