Jajal Kemampuan Makan Pedas di Warung Pedas Paraaah

Pemilik Warung Pedas Paraaah
Sumber :
  • VIVAlife/Tasya Paramitha
VIVAlife
Mengungkap Rahasia Restoran dari Seorang Chef
- Kelezatan kuliner Indonesia telah terkenal di seluruh penjuru dunia. Namun, salah satu karakteristik kuliner nusantara yang paling dikenal orang ialah cita rasa pedasnya. Hal ini karena masyarakat Indonesia begitu gemar makan pedas.

China Miliki Restoran Resmi Pertama Hello Kitty

Kegemaran itu pun saat ini telah disadari betul oleh para pelaku usaha di bidang kuliner. Semakin banyak restoran dan warung makan yang menawarkan sederet menu makanan dengan tingkat kepedasan yang berbeda.
Restoran Konsep Unik Menawarkan Kue Gratis


Salah satu yang belum lama ini hadir ialah Warung Pedas Paraaah yang berlokasi di Jatiwaringin, Bekasi. Sejak dibuka pada awal September lalu, warung makan ini selalu dibanjiri pengunjung yang penasaran sepedas apa menu-menu yang ditawarkan.

Di sini para penggemar cita rasa pedas akan dimanjakan dengan menu-menu masakan tradisional Indonesia mulai dari nasi, mi dan ayam goreng. Tentunya dengan tingkat kepedasan yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing pengunjung.

"Kita punya 10 level kepedasan. Level 1 berarti hidangan ditambah satu sendok sambal racikan kami. Satu sendok kira-kira sekitar 3 sampai 5 cabai. Kalau level 10 setara dengan 50 cabai," ujar Aidil Akbar Madjid, sang pemilik saat ditemui di Warung Pedas Paraaah, Jatiwaringin, Bintaro, Kamis, 30 Oktober 2014.


Pria yang mengawali bisnis kuliner dari hobi memasak itu juga mengatakan bahwa ada tingkat kepedasan tambahan bagi mereka yang benar-benar penggila pedas yakni level 11 hingga 15 yang ia sebut sebagai level jahanam.


Salah satu menu andalan warung makannya ialah Nasi Goreng Jambal Paraah, yakni nasi yang telah ditambahkan bumbu-bumbu, sambal sesuai tingkat kepedasan dan potongan ikan asin jambal yang telah digoreng tepung untuk mengurangi rasa asinnya.


Menu lain yang juga banyak dipesan pengunjung adalah Sup Jambal Asam Pedas Paraah yang disajikan bersama sepiring nasi putih. Seperti namanya, kuah sup ini begitu segar dengan kombinasi rasa asam dan pedas. Apalagi dengan potongan tomat dan daun bawang yang cukup besar. Sekilas rasanya menyerupai tom yam.


"Sampai sekarang, baru 50 orang yang mencoba level 10. Dari jumlah itu hanya 15 orang yang mampu menghabiskan porsi makanannya. Sisanya menyerah," ujarnya sampai tertawa.


Akbar sendiri yang merupakan penggemar makanan pedas mengaku masih bisa makan santai sampai level 5. "Kalau level 7, cuma sanggup 4 sendok," tambahnya.


Untuk cabai yang digunakan di sini adalah cabai rawit merah dan merah keriting dari Jawa Tengah. Tapi Akbar juga mengaku menggunakan cabai Tasikmalaya dan Garut yang menurutnya memiliki cita rasa pedas yang luar biasa.


"Cabai rawit Tasik itu ukurannya lebih kecil, lebih pendek, tapi gemuk dan bijinya banyak. Satu buah cabai rawit Tasik rasa pedasnya setara dengan lima cabai rawit biasa," ungkapnya.


Uniknya, warung makan tersebut juga memiliki peraturan khusus yakni mengharuskan setiap pengunjungnya mengisi lembar pertanggungjawaban sebelum memesan makanan.


"Kalo di Amerika kan banyak orang makan makanan pedas di restoran, setelah pulang mereka sakit perut dan sebagainya lalu restorannya dituntut sampai dibawa ke pengadilan. Jadi harus mengisi
form
pernyataan sendiri bahwa pengunjung tahu risiko makan pedas karena ketahanan pedas orang kan beda-beda," kata dia.


Rencananya Warung Pedas Paraaah akan segera membuka cabang di Tebet, Margonda atau Kebayoran.


Walaupun sekarang telah mendapat banyak tawaran terutama dari daerah, Akbar mengaku masih belum ingin membuka waralaba.


"Targetnya mau membuka 7 sampai 10 cabang dulu di Jabodetabek. Mungkin sekitar pertengahan atau akhir tahun baru membuka
franchise
," ucap pria yang juga berprofesi sebagai seorang
financial planner
itu.


Bagi Anda yang ingin menjajal seberapa kuat dan berani Anda menyantap kuliner pedas, datang dan buktikan sendiri. Tak usah pusing soal harga karena seluruh makanan dan minuman di sini sangat terjangkau yakni berkisar mulai dari Rp7.500-Rp27.000.


Warung Pedas Paraaah

Jalan Jatiwaringin Raya No. 33,

Jatiwaringin, Bekasi

Buka: 11.00-23.00 WIB
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya