FOTO: 30 Pulau Terbaik di Dunia 2014 (III)

Palawan
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Majalah pariwisata Conde Nast Traveler membuat polling kepada pembacanya. Mereka bertanya, pulau-pulau mana saja yang menurut mereka paling menarik di dunia. Hasil dari polling tersebut, kemudian majalah ini publikasikan sebagai Top 30 Islands in the World: Readers' Choice Awards 2014.

Kami telah menyajikan 20 nama pulau yang masuk dalam daftar tersebut, dalam dua bagian artikel. Kini kami sajikan nama-nama pulau yang tersisa. Mereka adalah 10 besar, pemenang pulau terbaik yang ada di muka Bumi versi Condé Nast Traveler. Urutan 30 sampai 21 pulau terbaik bisa Anda baca sedangkan urutan 20 sampai 11-nya ada

10. Pulau Big

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah
Big Island Hawaii

Berada di Hawaii, pulau ini masuk di urutan 10 besar dengan capaian pilihan pembaca sebanyak 82.761 orang. Pemandangan di tempat ini cukup beragam, mulai dari puncak bukit yang tertutup salju, teluk-teluk kecil yang tropis, serta desa-desa nelayan yang tenang.

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi

O ya, di tempat ini Anda bisa melihat Kilauea, salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Hawaii Volcanoes National Park, adalah rumah bagi tiga gunung berapi aktif yang mengalirkan lava lambat.

Tempat yang telah dijadikan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO ini, memiliki lebih dari 140 mil trek hiking, di mana Anda bisa mengeksplorasi sebuah hutan hujan, ladang lava hitam, hingga naik sampai ke puncaknya yang megah.

Pergi ke sana amat mudah, karena ada penerbangan reguler dari Honolulu ke dua kota terbesar di Big Island, yaitu Hilo dan Kona.

9. Pulau Kangaroo

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

Kangaroo Island

Mengantongi jumlah suara sebanyak 82.803, pulau yang ada di Australia ini duduk di urutan 9 besar. Meski pulau terbesar ketiga di Australia ini hanya 10 mil dari lepas pantai Adelaide, namun cara hidup pedesaan di Kangaroo masih asri dan tidak tersentuh kebudayaan kota.

Berkat isolasi air yang ditata sedemikian rupa, membuat pulau ini bebas dari binatang predator, sehingga banyak satwa liar bisa hidup bebas di habitatnya. Mereka adalah koala, bandicoot, singa laut, platipus, dan tentu saja kanguru.

Di Flinders Chase National Park, kita bisa menikmati keindahan alam di pulau itu, beserta hewan dan geologi lainnya. Jangan lupa untuk menyaksikan Admirals Arch, sebuah formasi batuan alam yang diukir di dekat laut. Sementara itu, di bawahnya Anda dapat mengamati koloni anjing laut berbulu yang lucu.

Ada maskapai penerbangan regional, terbang dari Adelaide selama 30 menit ke tempat ini atau Anda bisa naik feri dari Cape Jervis selama 45 menit.

8. Pulau Saint John, US Virgin Island

St John Virgin Island

Mendapat dukungan 83.359 pembaca, pulau kecil di laut Karibia ini jauh dari sentuhan modernisasi karena dua per tiga tanahnya dijadikan taman nasional yang dilindungi. Ini tempat tepat pagi wisatawan yang haus aktivitas menantang seperti hiking ke dalam hutan terjal, snorkeling di antara karang-karang raksasa.

Air di pantai pulau ini dangkal, menjadikan teluk Saint John sering masuk dalam jajaran pantai terbaik di dunia. Tidak ada bandara di pulau ini, sehingga Anda harus menuju ke sana dengan perahu.

Kalau mau naik feri, ada dari dua titik yakni Saint Thomas, Red Hook dan  Charlotte Amali. Masing masing berjarak 20 dan 45 menit dari teluk Cruz di Pulau Saint John.

7. Pulau Santorini dan Cyclades

Santorini

Ada di Yunani, pulau ini menang dengan perolehan suara 84.080. Di sana Anda bisa melihat tempat kelahiran Dewa Apollo di pulau suci Delos, dan menyaksikan megahnya pintu gerbang Hades di Keros.

Santorini, di ujung paling selatan dari Pulau Cyclades, adalah sebuah pulau vulkanik yang terdiri atas tebing eksotis, reruntuhan bangunan kuno, dan kota-kota indah yang dikatakan menjadi inspirasi bagi terciptanya Atlantis milik Plato.

Anda bisa melihat Matahari tenggelam dari Oia, desa kecil barat daya pesisir yang banyak dihuni tebing-tebing suram. Untuk bisa ke dua tempat berdekatan ini, Anda bisa terbang ke Santorini dari London dan Athena.

Tetapi jika Anda ingin mengambil rute dengan pemandangan indah, bisa naik kapal feri dari Athena dengan jarak tempuh 5-8 jam.

6. Pulau Great Barrier Reef dan Whitsunday

Whitsunday Islands

Benua Australia adalah pemilik dua lokasi indah ini karena mendapat suara sebanyak 84.467 dari pembaca. The Great Barrier Reef dihuni lebih dari 3.000 terumbu karang dan ratusan pulau kecil. Sementara itu, 74 pulau-pulau di Whitsundays, menawarkan beberapa tempat snorkeling terbaik cocok pula berlayar dengan kondisi angin yang bersahabat.

Karakter air di pantai Whitehaven dikenal memiliki beberapa warna yang menyatu, campuran buru hijau dan putih, menciptakan sensasi suasana pantai yang beda dari yang lain. Menuju ke sana memakan perjalanan satu setengah jam dari Brisbane.

5. Bazaruto Archipelago

Bazaruto Archipelago

Ada di Mozambik, tempat ini menang di urutan lima karena mendapat 85.119 suara. Ada lima pulau eksotis terhampar di tempat ini, terantai menjadi satu di Samudera Hindia dan ditetapkan menjadi taman nasional pada 2002.

Kehidupan alam liar di sini masih asri. Saat ke sana, jangan sampai tidak datang ke Two Mile Reef di mana Anda bisa snorkeling dan diving. Ini adalah salah satu surga snorkeling atau diving terbaik di dunia, dan dihuni sekitar 2.000 spesies ikan.

Tempat ini juga rumah bagi kura-kura laut, dan dugong sebuah mamalia laut yang terancam punah, mirip dengan manatee. Dari Johannesburg, kita bisa terbang ke Vilanculos yang ada di Mozambik.

Untuk akomodasi dan wisata keliling jangan khawatir karena banyak pondok dan hotel di Bazaruto, yang menawarkan jasa antar ke pulau-pulau melalui helikopter, pesawat, dan perahu.

4. Pulau Kauai

Kaua

Pulau molek ini ada di Hawaii dan dipilih oleh 85.269 pembaca. Meski gunung Wai'ale'ale yang ada di Kauai dalam setahun diguyur hujan 360 kali, namun cuaca wilayah lain selain itu cukup ramah.

Di sini, Anda bisa menikmati wisata hutan hujan, ngarai dan pantai-pantai tersembunyi. Waimea Canyon yang ada di sana dijuluki "Grand Canyon Pasifik", terukir selama ribuan tahun oleh aliran lava, dan air yang mengalir turun dari puncak Wai'ale'ale.

Untuk menuju tempat ini, kita bisa naik beberapa maskapai penerbangan, yang terbang langsung dari kota-kota Pantai Barat ke Kauai. Jika Anda tiba di Honolulu, perjalanan udara dengan pesawat lokal memakan waktu sekitar setengah jam.
 
3. Maui

Maui Hawaii

Sama seperti Kauai, pulau ini ada di Hawaii, ia ada di posisi tiga dengan jumlah pilihan pembaca 86.471. Ini adalah pulau terbesar di Hawaii yang memiliki pantai vulkanik dan pemandangan Gunung Haleakala yang gagah berdiri.

Ini adalah tempat terbaik untuk para penyelam yang senang snorkeling, pendaki, dan wisatawan yang gemar berburu kuliner. Untuk menyaksikan keindahan alam Maui secara maksimal, Anda bisa menempuh perjalanan darat ke Hana, dengan jarak 68 mil dari pusat pulau.

Banyak rute penerbangan menuju langsung pulau ini dari bandara di area Pantai Barat. Atau Anda bisa terbang dari bandara internasional Honolulu dengan jarak tempuh setengah jam.

2. Pulau Kiawah

Kiawah Island

Lokasi pulau ini ada di Carolina selatan, dan jumlah pembaca yang memilihnya ada sebanyak 86.574. Meski jaraknya dari pusat kota Charleston cukup dekat, pulau kecil di pantai Atlantik menawarkan sensasi pemandangan yang berbeda dari pusat kota itu.

Pulau ini didominasi oleh Kiawah Island Golf Resort dengan fasilitas 90 lubang golf dan pemandangan langsung ke laut. Tak heran, pulau ini dijadikan lokasi PGA Championship pada tahun 2012.

Pulau tersebut juga menyuguhkan fasilitas lain, seperti tenis dan spa. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa berkendara 33 mil dari Charleston International Airport ke pulau.

1. Palawan, Filipina

Palawan

Terpilih sebagai peringkat satu, pulau ini mendapat suara dari pembaca sebanyak 88.750. Di pulau tersebut terdapat salah satu tujuh keajaiban dunia yang baru, yakni Puerto Princesa Subterranean River.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menemukan sungai bawah tanah terpanjang di pulau ini. Untuk menikmati keindahan sungai, Anda bisa menggunakan perahu yang disediakan untuk turis.

Tertarik mengunjungi pulau ini? Anda bisa menggunakan pesawat dari Manila menuju Puerto Princesa, bandara utama di Palawan. Lama penerbangan sekitar satu jam 15 menit. Cara lainnya, Anda bisa menggunakan feri yang melayani rute Manila menuju beberapa pulau. Namun, waktu yang dibutuhkan lebih lama untuk sekali perjalanan, yakni 24 jam. (art)

Foto-foto: Sumber iStock

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya