5 Tahap Membuat Tahu di Rumah

Tahu tofu
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Kedelai merupakan bahan dasar dalam membuat tahu. Dalam prosesnya membuat tahu terlihat susah, sebenarnya lebih mudah dari yang dibayangkan.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Orang sudah mulai membuat tahu sejak ribuan tahun yang lalu.
Tahu dibuat oleh negara China sekitar 2000 tahun yang lalu. Ini merupakan makanan turun-temurun yang sampai sekarang masih disukai oleh banyak negara, seperti dilansir laman Huffington Post, 28 Oktober 2014.

Tahap pertama

Rendam kedelai kering dalam semalam. Setelah itu, masukan ke dalam blender dengan air untuk dijadikan susu kedelai. Proses pertama ini memang membutuhkan waktu agar kedelai menjadi lebih lembut ketika diproses. 

Tahap kedua

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?

Panaskan susu kedelai segar tersebut sampai mendidih, setelah mendidih gunakan api kecil hingga 10 menit. Angkat susu kedelai, lalu saring dengan kain keju dan peras air sebanyak mungkin dan kumpulkan ampas di dalam kain.

Tahap ketiga

Setelah itu masak kembali air susu kedelai yang sudah disaring hingga mendidih. Setelah mendidih, tambahkan zat coagulant, seperti garam atau asam (cuka atau lemon) agar mengental. 

Tahap keempat

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal di Dunia

Setelah dicampur, biarkan selama 20 menit di panci. Setelah 20 menit berlalu, ambil ampas dengan sendok lalu tempatkan di kotak untuk membentuk tahu.

Untuk mendapatkan tahu yang lebih keras, biarkan tahu di kotak selama 50 menit, sedangkan untuk tahu yang lebih lembut hanya membutuhkan waktu 20 menit.

Tahap kelima

Setelah proses semua telah dijalankan, taruh tahu di piring dengan air dingin. Setelah itu tinggal memotong sesuai selera dan langsung mengkonsumsinya bersama keluarga. Selamat mencoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya