Apa Beda Saus Tomat dan Pasta Tomat?

Tanya:
Ketika saya membaca resep membuat pizza, di dalamnya terdapat bahan saus tomat dan pasta tomat. Selama ini saya kira saus tomat ya, pasta tomat itu. Namun ternyata bukan. Kedua bahan ini juga sering kita temui dalam resep-resep makanan Italia. Sebenarnya apa sih bedanya antara saus tomat dan pasta tomat?

Ningrum - Bekasi (by e-mail)


Jawab:
Kedua produk berbahan tomat ini memang kerap disangka sama. Namun ternyata berbeda. Saus tomat dibuat dari tomat  dan ubi jalar merah (dipakai sebagai pengental). Keduanya dikukus sampai matang, kemudian dihaluskan dan disaring.

Campuran ini kemudian ditambahkan air dan dimasak bersama gula , lada, garam, anti oksidan, pewarna makanan,  dan sodium benzoate sebagai pengawet untuk menghambat tumbuhnya bakteri. Itu sebabnya saus tomat rasanya asam-asam manis, dan sedikit berbumbu. Saus tomat biasanya dijual dalam kemasan botol kecil.

Pasta tomat dibuat dari tomat merah yang telah dibuang biji dan kulitnya. Tomat ini dihaluskan dan diproses menjadi pasta. Warnanya merah segar, creamy, dan rasanya khas tomat. Biasanya dijual dalam kemasan kaleng, pada gerai makanan kaleng. Keduanya memang sering dipakai dalam masakan Italia.

Bila Anda memiliki pertanyaan seputar dunia kuliner dan masak memasak, silakan mengirimkan pertanyaan ke email redaksi VIVAnews ke petti.lubis@vivanews.com. Pihak VIVAnews akan memilih satu pertanyaan terbaik setiap minggu. Bagi pengirim pertanyaan terbaik akan mendapatkan bingkisan menarik dari Demedia dan VIVAnews.

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

logo Demedia

Verrell Bramasta.

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

Aktor sekaligus caleg Verrell Bramasta menilai, bahwa Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemimpin negara yang bisa mewujudkan harapan dari kalangan muda.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024