Hindari Obesitas pada Anak dengan Cara Ini

Ilustrasi Obesitas Anak
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Anak dengan tubuh berisi dan gemuk memang terlihat menggemaskan. Namun, jangan anggap remeh, karena obesitas bisa menghampirinya kapan saja. Hal ini, karena obesitas pada anak-anak adalah masalah serius yang memengaruhi kesehatan anak akibat kelebihan lemak di tubuh.
Kemenkominfo Gelar Talkshow “Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan”

Setidaknya di Amerika Serikat, satu dari lima anak yang kelebihan berat badan, atau obesitas terus mengalami peningkatan. Obesitas juga bisa mengakibatkan penyakit lanjutan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan jantung di kemudian hari. Selain itu, dapat membuat anak menjadi rendah diri dan depresi.
Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Kondisi tersebut, disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik. Meskipun ada juga beberapa faktor genetik dan hormonal yang berkontribusi terhadap hal itu.
Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

Sebagai orang tua, ada baiknya membiasakan anak untuk menjalani gaya hidup sehat. Jangan selalu memberikan apa yang diinginkan oleh anak. Berikut trik untuk menghindari kelebihan berat badan, atau obesitas pada anak, dilansir dari laman Zeenews India, 15 November 2015.

Konsumsi makanan sehat

Biasakan anak Anda untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Ajak ia untuk minum minuman dengan kadar gula rendah. Anda bisa memberinya contoh terlebih dahulu, agar ia lebih mudah mengikuti.

Sarapan

Ini adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Sebuah studi menunjukkan bahwa sarapan bisa menjaga berat badan.  

Aktivitas fisik

Dorong anak Anda untuk tetap aktif setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja harus bergerak setidaknya 60 menit setiap hari. Anda bisa merencanakan untuk berolahraga bersama keluarga. Car Free Day setiap Minggu pagi bisa menjadi pilihan.

Periksa ke dokter

Periksakan anak Anda setahun sekali. Ini akan membantu Anda untuk menentukan berat badan ideal anak dan mencegah mereka dari kondisi berat badan berlebih. Selain hal tersebut, memeriksakan anak juga dapat melindungi dari masalah kesehatan seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya