KONSULTASI: Amankah Mencampur Perawatan Masker Madu?

perawatan dengan madu
Sumber :
  • istock
VIVAlife -
Viral! Wanita di Koja Dikeroyok saat Hendak Bertemu Mantan Pacar
Saat ini, banyak sekali masker perawatan kulit beredar. Namun, apakah penggunaannya aman? Lalu, bagaimana cara pemakaian yang tepat? Jika Anda memiliki pertanyan yang sama, simak konsultasi antara Wida, pembaca Vivalife dengan dokter Tri dari
Meetdoctor
Mereda, Israel Buka Kembali Ruang Udara Setelah Dibombardir Iran
berikut ini. 
Penampilan Terkini Pemeran Sun Go Kong di Serial Populer 1990-an Kera Sakti

Tanya:

Dokter? Saat ini, saya sedang dalam perawatan menggunakan masker madu plus jeruk nipis, untuk  mengobati jerawat dan bekasnya, yang muncul di wajah. Yang ingin saya tanyakan:
 1. Apa masker aman jika dipakai setiap hari?

 2. Jika digunakan sebelum tidur sampai pagi, apa tidak akan ada masalah?

 3. Bolehkah, saya tetap memakai pelembab dan bedak saat sedang dalam perawatan?

 4. Apa tidak masalah, jika dalam seminggu saya pakai masker yang lebih dari satu jenis bahan (misalnya: setiap hari pakai masker madu, namun dua kali seminggu pakai masker putih telur)?

 5. Jika tenyata tidak boleh secara bersamaan (nomor 4), bila kulit saya sudah kembali normal, bolehkah saya kembali melakukan perawatan menggunakan masker dengan bahan yang berbeda dari yang sebelumnya dipakai?

 6. Apakah aman apabila sedang perawatan, meminum vitamin atau suplemen kulit, atau sambil minum obat bersih darah?


Demian dokter, terima kasih sebelumnya.

Salam, Wida.


Jawab:


Halo Mbak Wida, wah pertanyaannya banyak sekali ya? Namun, saya akan jawab per poin agar Anda bisa mendapat pemahaman yang tepat.


1. Cukup aman saja kombinasi madu dan jeruk nipis untuk dipakai setiap hari. Hanya, pastikan madu yang Anda gunakan adalah madu murni dan jeruk nipis segar.

2. Sebaiknya bersihkan masker Anda setelah 15 menit, terlalu lama menggunakan masker, apa pun mereknya akan menutup pori-pori dan menimbulkan jerawat baru.

3. Sebaiknya tidak memakai bedak, namun untuk pelembab diperbolehkan.

4. Hal tersebut bukan masalah. Pastikan bahan yang Anda pakai steril dan segar.

5. Boleh saja.

6. Konsultasikan hal ini ke dokter untuk keamanannya, bawalah suplemen dan obat bersih darah Anda ke ahli medis. Dokter akan menganalisa apakah keduanya aman untuk diminum bersamaan sesuai kondisi Anda.


Salam sehat,

dr. Tri Ari Wibowo




Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id.


Masalah Anda akan dijawab oleh dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di
VIVAlife.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya