Calon Pengantin Ingin Langsing

Tanya:
Dalam waktu dekat, saya  (28 tahun) akan menikah. Dengan   tinggi 165 cm dan berat 60,5 kg, saya merasa terlalu gemuk dan ingin mencapai berat badan ideal dalam waktu secepatnya, sebelum jadi pengantin. 

Untuk itu, selama ini saya membatasi makan, yaitu  hanya makan sayuran dan lauk tanpa nasi. Namun, berat saya lambat sekali menurunnya. Mohon saran Dokter agar diet saya efektif.

Grexxx@cbn.net.id

Jawab:
Berat badan yang sehat bagi Anda adalah 57 kg.  Dan untuk mencapai berat ini, sebaiknya Anda tidak hanya berdiet, tetapi  melakukan latihan aerobik ditambah latihan beban. 

Pertama, perlu ada koreksi soal diet yang sudah Anda jalani. Sebaiknya, Anda tetap makan nasi karena selain untuk bergerak, karbohidrat juga sangat diperlukan otak agar dapat berkonsentrasi dengan baik.

Kalau ingin mengurangi jatah makanan, kurangi saja lemak dan minyak. Misalnya batasi minyak dari makanan yang digoreng dan bersantan. Kurangi lemak dari daging merah atau sapi dan kambing, dan jeroan.  Makanlah  3 kali sehari, dan tidur paling sedikit 2 jam setelah makan.

Kedua, mengenai olahraganya, pilihlah jalan kaki, senam aerobik,  atau sepeda stasioner, atau kombinasi ketiganya.  Misalnya, jalan kaki 3 kali per minggu dan senam aerobik 2 kali per minggu.  Usahakan mencapai 60 menit setiap kali latihan. Semoga dalam 8 minggu Anda sudah dapat menikmati hasilnya. Bila Anda juga ingin  membentuk badan, tambahkan latihan-latihan beban, mulai dengan beban yang ringan sampai dumbbell 1 kg. 

Kini sudah diketahui pula bahwa latihan yang membentuk otot atau menggunakan beban sangat baik bagi yang ingin melangsingkan tubuh. Sebab, bila otot yang dilatih, pembakaran kalori masih berlangsung, bahkan ketika Anda diam.

Latihan dengan mesin tangga (stair- climbing) dan latihan aerobik  dengan bangku (bench-step) merupakan perpaduan aerobik dan beban yang sangat baik bagi yang ingin menurunkan berat badan. Sedangkan gerakan seperti push-up dan crunch baik bagi yang ingin membuang lemak di sekitar perut.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari
Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024