Saos Tomat: Cara Jitu Atasi Panci Gosong

Ilustrasi saos tomat atau bumbu dapur
Sumber :
  • iStock
VIVAlife –
Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan
Mengurus rumah adalah kegiatan yang gampang-gampang susah. Selain itu, banyaknya produk pembersih rumah dari bahan kimia, membuat ibu rumah tangga khawatir akan risiko kesehatan yang ditimbulkan.

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Oleh karena itu, tidak heran bila banyak ibu rumah tangga yang beralih ke pembersih rumah berbahan alami, yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Tapi, inovasi yang mereka lakukan tidak berhenti sampai di situ, banyak wanita yang justru mulai memanfaatkan barang yang sudah ada di dapur.
Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024


Salah satu tips yang menarik diikuti adalah saos tomat sebagai cara jitu membersihkan bokong panci yang gosong.


Penasaran? Simak eksperimen yang dilakukan Amanda Cable dari
Daily Mail
berikut ini:


Kentang untuk menghilangkan karat


Memang terdengar mustahil, namun sebenarnya kentang mengandung asam oksalat yang bisa meluruhkan karat di peralatan dapur yang terbuat dari logam, seperti panci, rak piring, atau kompor. Caranya pun mudah. Cukup potong kentang menjadi dua, celupkan dalam garam dan gosokkan pada permukaan yang berkarat.


Jeruk Bali untuk hilangkan lemak


Permukaan dapur penuh dengan lemak dan minyak bekas memasak? Tidak perlu khawatir, potong saja jeruk bali, taburkan garam, lalu gosok permukaan berlemak. Jeruk bali mengandung bahan kimia alami bernama furocoumarins, yang bersifat antibakteri dan berfungsi ganda sebagai disinfektan. Bonusnya, setelah dibersihkan, dapur Anda pun beraroma segar jeruk.


Usir debu dengan roti tawar


Membersihkan debu dari tapestry atau lukisan dengan lap basah bisa berisiko merusak karya seni tersebut. Agar karya seni aman dari goresan dan bebas debu, coba gunakan roti tawar. Tekan-tekan roti tawar pada seluruh permukaan lukisan dan niscaya seluruh debu yang menempel, langsung berpindah pada roti. Praktis bukan?


Bersihkan kaca jendela dengan bawang merah


Lupakan produk pembersih jendela yang banyak dijual di pasaran, gunakan saja air rendaman potongan bawang merah. Semprotkan pada jendela lalu bersihkan dengan lap. Praktis dan murah.


Bersihkan bokong panci dengan saos tomat


Kesal dengan bokong panci yang menghitam? Coba bersihkan dengan saos tomat. Lapisi bokong panci yang menghitam dengan saos tomat, diamkan selama 30 menit. Asam asetat dalam saos tomat akan bereaksi dengan kerak dan membuatnya lebih mudah dibersihkan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya