Acara Kultur Pop HelloFest ke-10 Siap Digelar

Wahyu Aditya
Sumber :
  • VIVA / Ricky Anderson
VIVAlife –
Timnas Indonesia U-23 Hajar Australia, Marselino Ferdinan Ucapkan Hal Ini ke Ernando
Kalau San Diego, Amerika Serikat, punya acara akbar Comic-Con International, maka Indonesia memiliki acara kultur pop yang tak kalah populer bernama HelloFest. Tak terasa, kini acara itu telah berusia 10 tahun, sebuah usia yang muda namun cukup membuatnya dikenal, paling tidak di kawasan Asia.

Minta Uang Buat Bayar Utang dan Cicilan Motor, Fitri Tewas di Tangan Mantan Suami

HelloFest sendiri, adalah sebuah ajang untuk menampilkan kreativitas anak muda di tingkat lokal, baik dalam bentuk seni animasi, kostum imajinasi, dan film pendek. Hebatnya, meski digelar murni oleh orang lokal, namun setiap tahun pengisi acara  ini terus bertambah dari berbagai negara. Tak hanya itu pengunjungnya pun kian membludak, data terakhir, pada 2013 lalu jumlah penonton yang datang ke acara ini 33 ribu, dan tahun ini target penonton yang hadir 4 ribu orang.
TNI AL Kirim Kapal Perang Bantu Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang


Jumlah peserta lokal yang ingin ikut sertapun bertambah, buktinya kompetisi film pendek HelloFest kini mencapai 1000 karya lebih. Bahkan peserta cosplay yang berminat mengikuti acara KostuMasa, pesertanya mencapai jumlah maksimal yakni 2000 peserta, dalam masa pembukaan hanya sebulan.


“Kami sampai harus menutup pendaftaran, karena peminatnya terus bertambah,” ujar Arie Octaviani, Festival Director acara ini, ditemui dalam acara jumpa pers HelloFest 10 Anima Expo 2014, di Mandiri Inkubator Bisnis, Jakarta Selatan, Kamis 20 November 2014. Ia katakan peserta cosplay yang akan datang tak hanya dari Jakarta, namun juga dari Tasimalaya, Malang, Tegal, Gresik, Lampung, hingga Pontianak.


Mencari pebisnis kreatif


HelloFest kini bukan sekadar ajang kultur pop biasa, ia telah menjelma menjadi acara unjuk kemampuan, para kreator muda di bidang kreativitas. Bahkan dalam sesi “Unjuk Rasa Animasi dan Konten Lokal” akan ditampilkan berbagai kreasi terbaru, dalam format komik, games, hingga animasi dari production house lokal. Beberapa studio dan kreator yang akan terlibat, adalah Rigarts, Kolam Komik, Nusantarangers, dan Komik Setan Jalanan.


Wahyu Aditya, pembentuk acara HelloFest menjelaskan, dalam acara tahun ini mereka akan menampilkan hiburan artis Jepang dalam konsep idol group, bernama Roli angel, di mana karakter nyata dan karakter komiknya akan manggung bersama, dan membuat mini konser di atas panggung.


Selain itu, akan ada Bastien Dubois animator Prancis yang karyanya pernah masuk nominasi Oscar, dalam acara ini akan melakukan persentasi perkembangan dunia animasi di Eropa. “Saya ingin HelloFest ini dijadikan wahana penuh inspirasi dari imanjinasi berbagai komunitas Indonesia,” ujar pria berkacamata itu.


Peraih juara dunia “Young Creative Enterpreneur” dari British Council itu mengatakan, bentuk acara yang secara konsiten mempromosikan kreator muda di bidag kreatif masih jarang, karenanya pihaknya mengandeng Bank Mandiri untuk meningkatkan minat generasi muda untuk menjadi enterpreneur.


“Kami ingin mendukung anak-anak muda kreatif menjadi pebisnis kreatif, dan bisa naik ke level yang lebih baik. Semoga dengan digelarnya acara ini, makin banyak tercipta konten-preneur alias pengusaha berbasis kreativitas, karena kami percaya, makin banyak anak muda yang maju, maka makin maju pula bangsa ini. Semoga terget minimal, 2 persen warga negara ini bisa menjadi wirausahawan tercapai, dan hal itu datang dari sisi kreativitas,” ujar Hendrianto Setiawan, Assistant Vice President Corporate Secretary dari bank pemerintah tersebut.


HelloFest ke-10 akan digelar 22 dan 23 November 2014 di Tennis Indoor Senayan. Dalam acara ini, akan digelar pameran berisi booth yang menyajikan karya unik dalam bentuk aksesori, t-shirt, hingga action figure. Selain itu, ada workshop, masterclass, berupa diskusi yang membahas film pendek dan animasi, berisi praktisi nasional dan internasional, seminar, content development hinga big-bang show.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya