Minyak Zaitun, Siasat Kurangi Risiko Serangan Jantung

Minyak zaitun.
Sumber :
  • iStock

VIVAlife-- Sebuah penelitian yang dipimpin Glassglow University membuktikan bahwa penambahan minyak zaitun pada menu makanan sehat setiap harinya dapat menekan sel-sel yang dapat memicu penyakit jantung koroner. Hal ini, juga bisa menekan risiko serangan jantung mendadak.

Manfaat dari minyak zaitun itu sendiri, dapat dirasakan setelah enam minggu penggunaan. Penelitian ini dipimpin oleh Dr. Bill Mullen, dari Institutes of Cardiovascular and Medical Science.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Penelitian melibatkan 20 peserta survei yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok survei. Penelitian ini menjelaskan bahwa hanya dengan 20 ml minyak zaitun – atau setara empat sendok teh – yang disajikan bersama salad sayur, sudah bisa mengurangi lebih dari 40 persen risiko terkena serangan jantung.

Penelitian ini memisahkan peserta survei menjadi kelompok yang mengonsumsi minyak zaitun dengan kualitas baik dan yang dengan kualitas buruk. Kedua kelompok tersebut diminta mengonsumsi minyak tersebut selama enam pekan berturut-turut untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari  minyak zaitun pada kesehatan jantung si penggunanya, seperti yang dilansir dari Daily Mail.

Dr. Mullen mengatakan, minyak omega 6 yang terkandung dalam minyak zaitun dapat melancarkan peredaran darah di jantung dan membuat jantung terhindar dari penumpukan sel-sel yang kemudian dapat memicu serangan jantung.

Untuk Anda yang belum terbiasa mengonsumsi sayur, terang Dr. Mullen, kegunaan minyak zaitun tetap bisa dirasakan. Cukup celupkan pada roti yang Anda makan ke dalam minyak zaitun, maka manfaat yang sama bisa Anda dapatkan.

Penelitian ini berujung pada kesimpulan bahwa kedua kelompok survei yang mengonsumsi minyak zaitun selama enam pekan berturut-turut, dengan kualitas baik ataupun buruk, mereka tetap mendapat manfaat dari minyak zaitun yang sangat berguna bagi kesehatan jantung.

Namun, kegemaran konsumsi minyak zaitun bisa dikatakan masih masuk ke dalam skala yang sangat kecil di Indonesia, selain karena harganya mahal, minyak zaitun juga sangat sulit ditemukan di  toko- toko kecil sekitar kita.

Jadi, imbangi makanan Anda dengan makanan sehat seperti sayur dan buah, dan jagalah kesehatan jantung Anda dengan olahraga teratur setiap minggu agar masa depan Anda terhindar dari risiko serangan jantung.

Baca Juga:

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial
Badak Taman Nasional Ujung Kulon

Ironi Perburuan Badak Jawa di Kawasan Konservasi Ujung Kulon, Cula Dijual Rp 280 Juta

Di lahan konservasi tersebut, badak Jawa yang dilindungi itu jadi target perburuan liar dan cula nya dijual ke Jakarta secara ilegal dengan nilai ratusan juta rupiah.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024