5 Cara Siasati Kenaikan Harga Bahan Pokok

Ilustrasi wanita belanja di supermarket
Sumber :
  • iStock
VIVAlife -
DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya
Kenaikan harga BBM bersubsidi yang baru-baru ini ditentukan pemerintah pastinya akan berpengaruh pada melonjaknya harga bahan kebutuhan pokok seperti beras, cabai, bawang, dan daging.

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Dalam keadaan mendesak, sangat diperlukan pertimbangan khusus sebelum Anda memutuskan untuk merogoh kocek lebih dalam. Ini dia beberapa cara yang bisa Anda pertimbangkan guna menyiasati kenaikan harga bahan pokok, seperti yang dilansir
Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban
Learnist, Jumat, 21 Oktober 2014.


Buat catatan belanja


Di saat harga bahan pangan semakin mahal, Anda dituntut untuk bijak memilih bahan mana yang akan Anda beli dan yang tidak. Pasalnya, jika tidak bijak memilah, anggaran belanja bisa bengkak. Untuk itu, buatlah catatan belanja sebelum Anda berangkat ke pasar atau ke supermarket.


Pilih barang lokal


Pemilihan bahan pangan lokal juga sangat berperan penting dalam menyiasati kenaikan harga. Selain lebih terjangkau, hasil penjualan dari bahan pangan lokal yang Anda beli tentunya dapat menyejahterakan para petani.


Tentukan menu


Agar anggaran tidak membengkak, ada baiknya Anda menentukan menu masakan apa saja yang ingin Anda sajikan. Selain bisa membuat acara belanja lebih efisien, Anda juga tidak akan menumpuk bahan makanan yang bisa jadi terbuang percuma.


Gunakan kupon


Jika Anda terbiasa berbelanja di pusat perbelanjaan yang biasa memberikan kupon atau voucher,  tak perlu lagi pusing jika ingin belanja bulanan. Manfaatkan kupon dan voucher belanja yang diberikan agar Anda tak perlu menghabiskan uang untuk melengkapi kebutuhan pangan Anda


Beli dalam jumlah banyak


Memang terlihat lebih boros, namun sebenarnya membeli kebutuhan rumah tangga dalam jumlah banyak bisa menghemat pengeluaran bulanan, karena Anda tidak perlu bolak-balik ke supermarket.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya