Ini Negara Paling Bahagia di Dunia

Ilustrasi orang tersenyum atau bahagia
Sumber :
  • iStock
VIVAlife –
Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit
Pernahkah Anda bertanya, negara mana yang paling bahagia di dunia? Sebuah survei menjawab pertanyaan tersebut. Dalam survei bertajuk Happy Planet Index (HPI) itu, diketahui bahwa negara yang paling bahagia adalah Costa Rica.

Pemain Bintang Jakarta Pertamina Enduro Tampil di Laga Persahabatan Lawan Red Sparks

Sementara peringkat kedua diduduki Vietnam dan Meksiko berada di posisi ketiga. Adapun peringkat keempat hingga 10 ditempati Belize, El Savador, Jamaika, Panama, Nicaragua, Venezuela dan Guatemala.
Unas Bentuk Tim Pencari Fakta Usut Dugaan Plagiat Prof Kumba Digdowiseiso


Survei yang dirilis pada minggu ketiga November 2014 tersebut, menilai 151 negara di seluruh dunia, menggunakan parameter kesejahteraan yang tidak biasa. Bukan soal kekayaan dan rata-rata pendapatan nasional masyarakatnya, melainkan harapan hidup, kenyamanan hidup, serta jejak ekologi, yang dikumpulkan melalui situs
Movehub.


Dilansir
Daily Mail,
masyarakat di setiap negara disurvei menggunakan analogi. Misalnya mengenai harapan hidup, responden diminta membayangkan harapan hidup di negara tersebut seperti meniti 10 anak tangga, dimana 0 berarti tidak ada harapan hidup dan 10 berarti harapan hidup tinggi.


Sementara, tingkat kenyamanan hidup dianalogikan dengan ketersediaan fasilitas pendukung kenyamanan dan aksesibilitas masyarakat dalam menggunakannya. Dan terakhir, jejak ekologi dinilai dari keseluruhan konsumsi sumber daya alam per kapita. Jejak ekologi ini dijadikan parameter karena berkaitan dengan kebahagiaan berkelanjutan di sebuah negara.


Grafis peta kebahagiaan dunia

Grafis peta kebahagiaan dunia versi Happy Planet Index (HPI) 2014. |Dok. FOTO: Movehub

Hasil penilaian tersebut kemudian diterjemahkan dalam bentuk peta dunia yang dibagi berdasarkan warna. Merah untuk tidak bahagia, jingga untuk sedang, dan hijau untuk bahagia.


Dari grafis tersebut bisa dilihat bahwa negara-negara yang paling bahagia versi HPI adalah yang berlokasi di Amerika Selatan, Eropa Barat, Timur Tengah, serta Asia. Kendati tidak termasuk dalam peringkat 10 besar, secara garis besar, Indonesia termasuk negara yang berbahagia karena berada dalam grafis warna hijau.


Sementara, negara yang dianggap paling tidak bahagia adalah Rusia serta negara-negara di Benua Afrika, kecuali Aljazair dan Madagaskar. Adapun Amerika Serikat, Kanada, Tiongkok, serta Australia menempati posisi sedang dalam penilaian kebahagiaan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya