Jangan Remehkan Kesehatan Pencernaan Bayi

Ibu dan Bayi
Sumber :
  • istock

VIVAlife - Indonesia merupakan negara yang sebagian besar masyarakatnya sudah sadar akan pentingnya perlindungan anak. Namun tahukah Anda, hanya 20% ibu di Indonesia yang mengetahui tentang bahaya gangguan pencernaan pada si kecil?

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Karenanya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengadakan acara Bincang Ahli dengan Dokter Anak tentang "Pentingnya Kesehatan Pencernaan pada Bayi", di hotel JW Marriot, Selasa, 25 November 2014.

Seminar ini mengambil fokus pada pentingnya mengenali dan menyadarkan bahaya gangguan pencernaan pada bayi, kasus yang paling sering terjadi pada bayi di awal masa pertumbuhannya.

Data menunjukkan 55% bayi di Indonesia menderita setidaknya 1 gangguan pencernaan, di antaranya, 16,26 % menginap kolik, 30% Konstipasi (susah BAB) dan sisanya, diserang dengan gangguan Regurgutasi (Gumoh). Ketiga gangguan tersebut, sama-sama ditandai dengan tangisan yang berlebih pada anak.

Prof. Yvan Sandeplas, mengatakan bahwa setiap anak memunyai hak untuk mendapatkan asupan gizi yang optimal. Untuk bayi, pemberian ASI eksklusif sangatlah penting untuk mencegah gangguan pencernaan yang seringkali diremehkan para ibu.

Lebih jauh lagi, sependapat dengan Prof. Vandeplas, narasumber lain dalam seminar ini, Prof. Dr. Mohammad Joeffry mengatakan 80% ibu di Indonesia menganggap gangguan pencernaan pada bayi sebagai hal lumrah. Mereka cenderung membiarkan gejala gejala tersebut hingga hilang dengan sendirinya.

Ia katakan, pengetahuan tentang gangguan pencernaan dan cara menanganinya sangat penting, untuk diketahui berbagai pihak yang mendapat tanggung jawab untuk merawat bayi. Jadi tidak hanya kaum ibu, tapi juga nenek, bibi, atau bahkan babysitter di rumah.

Baca juga:

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23

Menguak Kemesraan Ayu Ting Ting dan Shaheer Sheikh

Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Duel Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U 23 benar-benar membuat jantungan suporter Timnas

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024