Bunga Lawang, Bumbu untuk Masakan Apa?

Tanya:
Saya sering menemukan bumbu rempah kering yang bentuknya menyerupai bintang. Biasanya penjual bumbu kering menyediakan bumbu itu, selain cengkih, kayu manis, dan lain-lain. Apa nama rempah itu? Dan dipakai untuk olahan masakan apa? Sebab saya belum pernah melihat masakan yang menggunakannya.

Dina_Tangerang (by email)

Jawab:
Rempah yang menyerupai bintang itu namanya bunga lawang atau pekak. Ini adalah rempah yang paling eksotik dibanding rempah-rempah lain. Bentuknya menyerupai bintang, yang jari-jari kelopaknya terbuka, lalu terdapat biji di setiap jarinya.

Sesuai dari bentuknya yang mirip bintang, rempah ini dinamai star anise. Kuliner Thailand menyebutnya Poy kak, Dok can. Bumbu ini sangat popular dalam seni memasak Cina , Thailand, Malaysia dan Sumatera. Biasanya ditambahkan kedalam masakan daging, sejenis dengan gulai.
Aromanya khas sekali, harum dan agak kemanis-manisan.

Cara menggunakannya tinggal dimasukkan ke dalam masakan saja, atau di tumis terlebih dahulu bersama bumbu,lalu dimasak bersama daging sampai matang. Rempah ini bisa disimpan dalam waktu lama dalam keadaan kering dan cukup disimpan dalam keadaan tertutup.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

logo Demedia

Bea Cukai layani ekspor pakaian dalam wanita

Pakaian Dalam Asal Bantul Siap Bersaing di Amerika dan Inggris

Bea Cukai layani ekspor puluhan ribu pakaian dalam wanita asal Kabupaten Bantul ke Amerika dan Inggris pada Kamis (21/03).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024