5 Cara Usir Stres Saat Liburan

liburan pasangan
Sumber :
  • istock

VIVAlife - Merencanakan liburan panjang sebagai hadiah dari hari-hari melelahkan di kantor bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan. Menentukan destinasi wisata, menghitung anggaran yang akan dikeluarkan, serta memperkirakan oleh-oleh yang akan dibawa pulang. Namun perlu Anda ketahui, memikirkan hal-hal tersebut justru bisa memicu stres lho.

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

Elaine Rodino, psikologis dari State College, Pennsylvania mengatakan, "Sangat penting bagi semua orang untuk tahu kalau musim liburan juga memicu stres." Dikutip dari Health.com, ini beberapa tips menghindari stres saat musim liburan tiba.

Turunkan ekspektasi

Liburan yang berjalan sesuai rencana pasti akan terasa menyenangkan. Namun bagaimana jika takdir berkata lain? Misalnya harus batal karena kantor mendadak mengirim Anda meeting ke luar negeri?

Jangan kecewakan diri Anda karena terlalu berekspektasi tinggi terhadap liburan. "Liburan jangan terlalu dipikirka, karena itu bisa membuat kita kurang bersemangat saat menjalaninya," saran Shilagh Mirgain, PhD, psikolog dari University of Winsconstin.

Batasi anggaran


Liburan yang menyenangkan terkadang akan memaksa Anda merogoh kocek lebih dalam. Terlebih jika ada biaya-biaya tak terduga yang bisa keluar kapan saja. Hal tersebut tentunya menuntut adanya pengaturan yang dibutuhkan, agar liburan tak kuras habis pengeluaran. "Tetapkan anggaran dan jangan habiskan lebih," kata Carol Goldberg, PhD, psikolog dari New York.

Cermati buah tangan

Membeli oleh-oleh sepulang liburan biasa dilakukan kebanyakan orang. Membawa pulang makanan khas, cendera mata, dan kenang-kenangan bisa buat teman dan tetangga terkesan.

Begini Cara Pilih Cushion Terbaik Biar Makeup Flawless

Namun berhati-hatilah, stres bisa datang ketika buah tangan yang Anda beli tak sesuai anggaran. "Carilah buah tangan yang cocok untuk orang terdekat saja. Harga murah tak masalah, yang penting berkesan untuk mereka," ujar Goldberg.

Batasi agenda


Selain bepergian ke tempat wisata, musim liburan bisa diisi dengan mengadakan sebuah pesta dengan keluarga, teman kantor, dan tetangga. Namun apa jadinya jika semua tamu undangan datang bersama-sama? Pusing juga kan. Hindari risiko tersebut dengan cara menyusun daftar undangan secara bergantian. Karena jika tidak, liburan Anda dapat terganggu padatnya acara.

Hargai kebersamaan keluarga

Menikmati liburan yang sesungguhnya dapat dilakukan di rumah. Cukup habiskan waktu di ruang televisi bersama seluruh anggota keluarga. Kualitas liburan akan semakin terjaga tanpa adanya gangguan stres menyapa. Berada dikelilingi keluarga tercinta, bercanda tawa, serta bersantai bersama bisa membuat hari libur Anda berbeda dari biasanya.

Ilustrasi gender atau jenis kelamin.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Beberapa negara telah memulai pembangunan toilet gender netral sebagai upaya untuk menyediakan fasilitas yang inklusif bagi kelompok LGBTQ+. Toilet gender netral infonya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024