Kapan Memberi Tahu Buah Hati, Ia Anak Adopsi?

Orangtua dan anak.
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Penting bagaimana dan kapan Anda memilih waktu untuk memberitahu anak bahwa mereka hasil adopsi. Meskipun adopsi adalah salah satu cara yang mulia untuk menikmati hidup sebagai orangtua, tetap saja salah satu hal yang paling penting dan harus diingat adalah bagaimana cara memberitahu anak Anda bahwa mereka diadopsi. 
Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir

Untuk mengungkapkannya, percayalah pada insting Anda dan ceritakan dengan sejujur-jujurnya kisah mereka datang ke dalam hidup Anda. Berikut ini, adalah beberapa hal yang harus diperhatikan, saat Anda akan mengungkapkan kisah adopsi pada mereka, seperti dilansir laman Times of India, 25 November 2014.
Mendukung Perkembangan Voli Indonesia melalui Kiprah Megawati dan Fun Volleyball 2024

Cari waktu yang tepat
Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Jangan mencoba untuk melakukannya dalam keadaan terburu-buru. Jika Anda ingin melakukan hal ini, Anda harus melakukannya dengan cara terbaik. Ajak anak Anda duduk bersama. Pilih waktu, ketika suasana hati mereka sedang baik, atau ketika mereka sedang senang dan dalam kerangka berpikir yang benar untuk memahami situasi.

Selain itu, pastikan bahwa tidak ada orang lain yang hadir atau ada, kecuali Anda dan pasangan. Sang anak harus merasa bahwa informasi ini bersifat rahasia lengkap, agar mereka tetap merasa aman.

Jawab semua pertanyaan mereka

Saat Anda memberi tahu anak Anda mengenai adopsi yang Anda lakukan bertahun-tahun lalu, mereka pasti akan menanyakan banyak pertanyaan. Bersiaplah untuk menjawab setiap pertanyaan mereka. Pertanyaan yang paling umum antara lain seperti, 'Apa alasanmu membawa saya?' dan 'di mana saya sebelumnya'? "Pastikan Anda menghapus semua keraguan yang mereka miliki. Jangan menyembunyikan fakta apa pun, karena hal ini dapat menyebabkan timbulnya masalah.

Buat mereka merasa bangga

Ini sangat penting untuk memahami apa yang anak rasakan, setelah Anda mengungkapkan segalanya. Yakinkan mereka bahwa Anda benar-benar menyayangi mereka seperti anak kandung Anda. Ungkapkan pada mereka rasa bangga yang Anda rasakan memiliki anak seperti mereka.

Ungkapkan sesuai dengan usia anak

Usia yang tepat memberitahu anak Anda bahwa mereka bukan keturunan biologis Anda adalah antara lima dan tujuh tahun. Semakin cepat Anda memberitahu mereka, semakin baik. Hal ini, karena dalam kelompok usia ini anak memiliki otak yang sangat berkembang dan mereka cenderung ingin tahu akan banyak hal.

Menurut para ahli, tingkat penerimaan dalam diri mereka juga jauh lebih baik daripada orang dewasa, yang membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk menerima kenyataan.

Baca juga: 

(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya