Menguak Cara Tubuh Detoksifikasi

Detoksifikasi
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Istilah detoks, sering digunakan untuk mendeskripsikan zat - zat berbahaya yang masuk lewat makanan dan minuman yang tidak sehat.

Proses pembersihan zat-zat tersebut dinamakan detoksifikasi. Proses ini, memiliki cara kerja, membersihkan tubuh dari racun-racun yang tersisa akibat mengonsumsi makanan cepat saji, minuman bersoda, dan makanan berlemak lainnya.

Namun, detoks tak hanya disebabkan oleh makanan dan minuman tak sehat. Ada beberapa indikator lain yang mampu memicu masuknya detoks ke dalam tubuh. Salah satunya, ialah karena masalah kurang tidur.

Waktu tidur yang sedikit dapat memicu datangnya zat-zat detoks ke dalam tubuh kita. Selain itu, pasokan oksigen yang menurun saat kita mengantuk juga akan mempermudah masuknya detoks.

Menurut informasi yang dilansir dari Times of India, Rabu, 26 November 2014, proses detoksifikasi ringan bisa menjadi senjata untuk memerangi zat bahaya yang mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Cara yang pertama sangatlah mudah. Beristirahat. Dengan istirahat, detoks akan dihancurkan oleh sistim kekebalan tubuh kita, ditambah dengan pasokan oksigen yang cukup yang dapat mengoptimalkan proses detoksifikasi alami tubuh.

Cara yang selanjutnya adalah dengan menjaga tubuh agar tetap bugar. Kondisi tubuh yang fit dan bugar dapat mencegah masuknya detoks ke tubuh kita.

Rajinlah berolahraga secara teratur, minimal tiga kali satu minggu, dan tidurlah maksimal delapan jam setiap harinya. Dengan begitu, tubuh Anda akan sehat dan terhindar dari bahaya detoks.

Baca Juga:

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024