Zat-zat Berbahaya dalam Lipstik

Ilustrasi lipstik merah
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Setiap wanita pasti memiliki warna, atau merek lipstik favorit di tas mungilnya. Tidak ada yang salah dengan memulas bibir dengan lipstik untuk menyempurnakan riasan.

Putusan MK Bersifat Final, Prof Niam: Kontestasi Telah Usai, Saatnya Bersatu

Namun, perlu Anda ketahui bahwa terdapat banyak kelemahan menggunakan lipstik, karena bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya.

Jadi yang patut diingat, jangan terlalu sering menggunakan lipstik. Gunakanlah hanya pada saat akan menghadiri acara-acara khusus, atau setidaknya sekali sehari.

Selain itu, kualitas lipstik juga menjadi penting. Hindari membeli produk lipstik murah, karena biasanya mereka mengandung zat berbahaya. Berikut adalah beberapa bahaya lipstik yang harus Anda waspadai, dikutip dari Boldsky.

Logam berat

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Studi menunjukkan bahwa lipstik mengandung tingkat kromium, kadmium, dan magnesium tinggi. Jika tertelan secara terus menerus akan mengakibatkan peningkatan risiko penyakit berbahaya dan kerusakan organ. Tingginya kadar kadmium dapat disimpan diginjal dan akhirnya menyebabkan gagal ginjal.

Timbal

Telah terungkap fakta bahwa sebagian besar lipstik memiliki kadar timbal tinggi. Timbal adalah neurotoksin dan dapat memengaruhi sistem saraf otak. Timbal juga menjadi salah satu penyebab terjadinya ketidakseimbangan hormon dan infertilitas.

Petrokimia

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Ini adalah salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan lipstik. Bahan tersebut, sangat berbahaya bagi kesehatan karena dibuat dari minyak mentah dan gas alam. Jika tertelan secara terus menerus, ia menyebabkan gangguan endokrin yang mengganggu pertumbuhan, reproduksi, perkembangan, dan kecerdasan otak.

Formaldehida dan minyak mineral

Formaldehida adalah zat pengawet yang juga dikenal sebagai karsinogen manusia. Batuk, iritasi mata, dan kulit adalah efek lain dari zat ini. Sedangkan minyak mineral adalah bahan lain yang digunakan dalam lipstik untuk memblokir pori-pori. Banyak efek berbahaya dari lipstik terjadi karena bahan ini.

Paraben

Ini adalah bahan lain yang digunakan dalam pembuatan lipstik. Paraben berfungsi sebagai pengawet seperti formalin. Meskipun digunakan untuk membuat lipstik menjadi tahan lama, namun paraben sebenarnya sangat berbahaya bagi tubuh, apalagi jika tertelan secara berulang. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya