Meg, Anjing Tertua di Inggris

Ilustrasi anjing jenis Jack Russell
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Menjadi manusia tertua di dunia dan tercatat dalam museum rekor dunia, itu sudah biasa. Tapi tidak ada yang biasa dengan Meg. Anjing berjenis Jack Russel itu memecahkan rekor sebagai anjing tertua di Inggris dan kemungkinan di dunia. Di usianya yang ke-23, umur Meg setara dengan manusia 113 tahun. 

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Dilansir Daily Mail, usia nan panjang untuk ukuran anjing itu disebabkan gaya hidup sehat yang diterapkan sang pemilik, David Abrahams. 

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Bahkan, diet khusus yang diberikan Abrahams pada Meg, membuat anjing imut tersebut hidup lebih lama daripada Daisy, yang sebelumnya memegang rekor sebagai anjing tertua di Inggris dengan usia 21 tahun dan 6 bulan.

Lalu, seperti apa diet khusus yang diberikan Abrahams bagi Meg? Jawabannya, nugget ikan bebas gluten serta pasta yang dibuat khusus dengan topping saus tomat. Abrahams menuturkan, Meg menyukai makanan yang lembut karena giginya sudah tidak sekuat dulu. 

Christian Bautista Bakal Tampil di Konser Westlife: The Hits Tour 2024

"Dia sudah tidak bisa mengunyah tulang," kata Abrahams, yang akhirnya kerap berkreasi di dapur guna menjaga nafsu makan Meg. 

Selain itu, Abrahams juga tidak lupa mengajak Meg berolahraga setiap hari. Walaupun kini, Meg lebih banyak tidur karena usianya yang sudah sangat sepuh.

Kendati demikian, Abrahams mengaku bahwa semakin usianya bertambah, Meg semakin manja, terutama soal makanan. 

"Dia tidak mau makan makanan yang sama dua kali sehari, dan dia menyukai makanan yang segar, baru dimasak. Jika sudah dingin, dia tidak akan mau memakannya," ujar Abrahams. 

Meg diadopsi Abrahams dari rumah penampungan pada 1999, ketika Meg baru berusia 18 bulan. Abraham dan pasangannya, Maria, mengatakan Meg adalah anjing yang paling manis. 

"Sangat menyenangkan merawat Meg. Dia begitu perhatian pada kami dan menjadi bagian berharga dari keluarga kami," kata Abrahams. 

Mengingat usianya, Abrahams dan Maria kerap merasa khawatir akan menemui Meg tidak bernapas di pagi hari. "Kami terkadang harus memeriksa napasnya, karena dia begitu diam saat tidur," ucap Abrahams, yang menyebut Meg selalu tidur di sofa merah kesayangannya. 

Dokter hewan yang merawat Meg, Sam Fowlie, sangat kagum akan usia panjang anjing Jack Russel tersebut. 

"Sangat jarang seekor anjing bisa mencapai usia yang sangat tua seperti Meg. Hubungannya dengan Abrahams dan Maria menunjukkan cinta sejati yang bisa terjadi antara manusia dan hewan peliharaan," katanya. 

Sementara, juru bicara Guinness Book of Records mengemukakan mereka belum pernah memberikan penghargaan bagi anjing tertua, namun untuk Meg, mereka akan mempertimbangkan hal tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya