Tips Merawat Anjing Kesayangan

Fashion Show Anjing di Peru
Sumber :
  • REUTERS/Mariana Bazo

VIVAlife - Merawat hewan peliharaan bisa dikatakan hampir sama dengan mengurus anak sendiri. Kerja keras dan komitmen yang besar sangat dibutuhkan untuk melakukannya, terutama ketika anjing peliharaan Anda masih berusia dini.

Top Trending: Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online karena Bernama Ini, Komika Usir Ibu Menyusui

Anjing rentan terhadap penyakit dan infeksi. Sebagai pemilik, Anda harus berhati-hati dalam memastikan bahwa hewan peliharaan Anda tidak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau air. Dilansir dari Boldsky, berikut ini adalah beberapa tips menjaga dan merawat anjing kesayangan Anda agar selalu sehat dan bebas dari segala bentuk infeksi atau penyakit.

-Check up rutin

Chandrika Chika Terjerat Narkoba, Alasannya Mengejutkan: Bukan Doping, Tapi Pergaulan

Untuk anjing yang telah tumbuh dewasa, pemeriksaan medis ke dokter setiap enam bulan sangat dianjurkan. Sedangkan bagi Anda yang memlihara anak anjing, pastikan untuk membawa check up ke dokter setidaknya tiga bulan sekali untuk memastikan mereka berada dalam kondisi kesehatan yang baik.

-Kebersihan oral

Ini adalah sesuatu yang banyak diabaikan oleh para pemilik anjing, Kebersihan mulut adalah hal yang sangat penting karena gigi yang kotor serta tidak sehat dapat menyebabkan berbagai nfeksi dan penyakit. Cara terbaik untuk mencegah hewan peliharaan Anda jatuh sakit adalah denan menjaga mulutnya sehat dan bersih.

-Makanan berkualitas

NasDem Belum Jelas Oposisi atau Gabung Pemerintah, Cak Imin: Mau Nanya Itu Sungkan

Jangan memberi anjing kesayangan Anda segala jenis makanan. Terdapat beberapa bentuk makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh hewan peliharaan. Selain itu, pastikan makanan yang mereka konsumsi berkualitas untuk menjaga kesehatan dan kualitas bulu mereka. Konsultasikan hal ini pada dokter atau para ahli jika Anda merasa tidak yakin.

-Latihan dan bermain secara teratur

Pastikan hewan peliharaan Anda mendapatkan cukup latihan. Sebagai pemilik, Anda harus dipahami bahwa sama seperti manusia, anjing juga membutuhkan latihan. Berolahraga secara teratur akan memperkuat sistem kekebalan tubuh anjing Anda dan membantu mencegah infeksi.

-Perawatan rutin

Anjing dapat terserang berbagai penyakit karena debu dan kotoran yang terakumulasi pada bulu mereka. Untuk mencegah hal itu, Anda harus melakukan perawatan rutin. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah atau dengan membawa anjing kesayangan Anda ke salon atau tempat perawatan anjing.

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya