Liburan Seru Tahun Baru

Ilustrasi tahun baru 2015
Sumber :
  • iStock/ Herianus

VIVAlife - Lembaran kalender 2014 segera tandas. Tepat 1 Januari, takwim berganti wajah ke tahun 2015.  Harapan dan resolusi terajut menjadi satu.

Di saat sebagian insan refleksi diri, gegap perayaan tahun baru menyeruak dari segala penjuru. Cakrawala bertabur cahaya kembang api. Terompet bersahut-sahutan di Bumi.

Ini momen tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan sahabat. Sekadar menyantap ayam panggang atau menginap di hotel berbintang.

Nah, bagi yang mengantongi dana berlebih, liburan di luar kota bisa dipilih. Boyong keluarga Anda ke lima destinasi seru pilihan VIVAlife berikut ini; Bali, Bandung, Bogor, Yogyakarta, dan Medan.

Tak hanya panorama yang memanjakan mata, namun kelezatan kuliner khas dari daerah-daerah tersebut siap menggoyang lidah Anda.

Bali

Hal Ini Buat Rossa Disangka Segera Nikah

Ilustrasi Pemandangan Bali

Pemandangan memikat di Bali. Foto: iStock

Terpopuler: Pengemudi Fortuner Pelat Dinas TNI Ditangkap, Negara yang jadi Medan Perang Dunia III

Ketenaran Bali tak hanya berhenti di Tanah Air. Popularitasnya sudah melanglang buana hingga ke penjuru dunia.  Sejumlah fasilitas dan restoran resor di Pulau Dewata ini bahkan pernah ditasbihkan sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Selain itu, Bali juga dikenal sebagai pulau yang eksotis serta memiliki kultur yang memikat. Tak heran, pulau ini kerap menginspirasi banyak seniman.

Paket tahun baru

- W Retreat & Spa Bali
Alamat    : Jl. Petitenget, Kerobokan, Seminyak, Denpasar, Bali
Acara      : New Year's Eve Dinner

Wisata

- Uluwatu

Tari Kecak di Uluwatu merupakan salah satu pertunjukan seni tari yang tak boleh dilewatkan saat Anda berkunjung ke Bali. Ditemani semburat senja di sore hari, turis bisa merasakan nuansa magis dari tari khas Bali ini.

- Ubud

Salah satu daya tarik yang dimiliki Bali adalah tempat seninya yang berada di Ubud. Tempat ini menawarkan berbagai keindahan alam, pentas seni dan budaya serta hasil kerajinan tangan karya masyarakat sekitar. Lingkungan di daerah tersebut masih sangat alami dan asri. Menjadikannya sumber inspirasi bagi para seniman baik dari dalam maupun luar negeri.

- Pantai Padang-Padang

Bali terkenal dengan wisata pantainya yang menawan dan salah satunya pantai Padang-Padang. Pantai ini tidak kalah terkenal dengan pantai yang lain yang ada di Bali. Pantai tersebut sangat indah dengan air yang sangat jernih berwarna biru kehijauan.

Kuliner

- Rujak Kuah Pindang di Jl. Bukit Tunggal No.27, Pamecutan, Denpasar, Bali
- Sate Lilit Ikan Tenggiri di Pasar Sukawati, Bali. - Ayam Betutu Pitik Bali Jl. Ngurah Rai Gianyar, Bali

Bandung

Wisata Tangkuban Perahu

Mengejutkan! Rangking FIFA 8 Negara Eropa Ini Ada di Bawah Timnas Indonesia

Kawah Gunung Tangkuban Perahu. Foto: iStock

Waktu tempuhnya  yang hanya beberapa jam saja dari Jakarta, membuat kota ini jadi destinasi favorit setiap akhir pekan. Dijuluki sebagai Kota Kembang, Bandung memang menawarkan banyak hal menarik.

Bangunan bergaya Art Deco yang unik, hidangan sedap, hingga factory outlet (FO), siap memuaskan para pelancong. Selain itu Bandung memiliki berbagai tempat wisata di sekitar Lembang yang memiliki konsep wisata kuliner.

Paket tahun baru

- Hyatt Regency Hotel Bandung
Alamat    : Jl. Sumatera No.51, Bandung
Acara      : Dazzling Night East Meet West, Flamel Band, Magic Show, Dancer and Female DJ
Paket     : Harga kamar pada malam tahun baru dimulai dari Rp2.888.000 per kamar per malam.

- The Trans Luxury Hotel
Alamat    : Jl. Gatot Subroto 289, Bandung
Acara      : Gala Dinner & sing along with Michael Learns to Rock
Paket     : Premier (Rp18 juta nett), Club Premier (Rp22 juta nett), Celebrity Suite (Rp31 juta nett), dan Presidential Suite (Rp70 juta nett).

Wisata

- Tangkuban Perahu

Legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi menyelimuti keberadaan Gunung Tangkuban Perahu di Bandung utara. Keindahan Gunung berapi yang masih aktif ini pun mampu menarik wisatawan selama puluhan tahun.

Berlokasi di ketinggian 2.084 m dpl, gunung yang berwujud menyerupai perahu terbalik itu terbentuk akibat aktivitas letusan berulang Gunung Api Sunda di zaman prasejarah.

- Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Di tengah banyaknya FO dan pusat jajanan, Bandung ternyata masih memiliki wisata alam yang jarang dilirik. Terletak di Sub-DAS Cikapundung, DAS Citarum yang membentang dari Curug Dago, Dago Pakar, hingga Maribaya, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda sesungguhnya menyimpan pemandangan hutan pinus yang elok.

Tak hanya itu, wisata edukasi juga tersedia di sini. Pengunjung bisa belajar sejarah mengenai Ir. H. Djuanda di museum serta menjelajahi Gua Jepang dan Gua Belanda.

- Pangalengan

Anda mungkin mengenal Observatorium Bosscha yang terletak di Lembang. Namun tahukah Anda bila salah satu orang penting di balik pembangunan observatorium itu, yakni Karl Adolf Bosscha, dimakamkan di perkebunan teh Malabar, Pangalengan?

Dari kejauhan, makam pemerhati astronomi itu tampak megah dengan bentuk kubah bergaya Eropa. Di sekitarnya tumbuh pepohonan rimbun. Meski tak seramai Observatorium Bosscha, makam ini sesekali masih dikunjungi pelancong.

Selain makam Bosscha, Anda juga bisa mencicip berbagai kuliner dari susu segar di Pangalengan. Permen susu, kerupuk susu, hingga dodol susu, siap menjadikan petualangan kuliner Anda di Kota Bandung lebih seru.

Kuliner

- Mie Bakso Akung di Jl. Lodaya No. 123, Jawa Barat
 - Lawangwangi Creative Space di Jl.Dago Giri no.99 Bandung
- Martabak San Fransisco di Jl. Burangrang No. 42, Burangrang Lengkong, Jawa Barat
- Kampung Daun di Jl. Sersan Bajuri KM.4,7 No.88-RRI, Bandung
- The Peak di Jl. Desa Karyawangi Ciwaruga KM.6,8 No.388, Mekar Wangi, Bandung
- Pasar Terapung di Jalan Grand Hotel, Lembang, Jawa Barat

Bogor

Panorama menjelang matahari terbit di Puncak, Bogor, Jawa Barat

Panorama menjelang matahari terbit di kawasan Puncak, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Foto: Antara/ Paramayuda

Hanya mengantongi cuti singkat di tahun baru? Tak perlu khawatir. Selain Bandung, Anda juga bisa mendapat suasana berbeda di kota yang satu ini. Berjarak sekitar  40 kilometer dari Jakarta, Bogor juga termasuk destinasi favorit warga Ibu Kota.

Menyantap jagung bakar di Puncak, atau wisata FO dan kuliner di tengah kota sudah cukup mampu mengusir penat usai rutinitas di kantor sehari-hari. Dijuluki Kota Hujan, Bogor juga terkenal dengan hawanya yang dingin.

Paket tahun baru

- Aston Bogor Hotel & Resort
Alamat    : Jl. Dreded Pahlawan, Bogor Nirwana Residence, Bogor
Acara      : New Year's Eve dengan tema The KLaSTONishing Night, Penampilan Kla Project, Fireworks, Gala Dinner, Fortune Teller
Paket     : Superior room (Rp3.608.000), Deluxe room (Rp3.648.000)

- The HighLand Park Resort-Hotel
Alamat    : Jl. Curug Nangka, Kp.Sinarwangi, Sukajadi, Kec.Tamansari, Kab.Bogor, Jawa Barat.
Acara      : New Year's Eve 2015 dengan tema East Meets West, Firework Party, Modern & Traditional Dance, Magic Show, Band Performance, Fire Eater, New Year's Eve Dinner.
Paket     : Camp Standar (Rp2,8 juta + Rp500 ribu/orang/acara tahun baru), Camp Superior (Rp 3.15 juta + Rp500 ribu/orang/acara tahun baru).

Wisata

 -  The Jungle

Memasuki perumahan Bogor Nirwana Residence (BNR), Anda bisa menemukan sebuah tempat rekreasi seluas 3 hektare. Dinamakan The Jungle, tempat rekreasi tersebut dilengkapi berbagai fasilitas, seperti seluncur air, taman burung, hingga gazebo untuk bersantai. Objek wisata ini juga menghadirkan pemandangan Gunung Salak sebagai latar belakang.

- Taman Safari

Berkunjung ke Puncak, rasanya tak lengkap bila tak menyambangi destinasi wisata yang satu ini. Dengan menggunakan kendaraan atau bus khusus, Taman Safari Indonesia memungkinkan para pengunjung melihat hewan jinak dan liar di alam bebas.

- Kebun Raya Bogor

Bila Anda salah satu penggemar tumbuhan langka, maka mampirlah ke Kebun Raya Bogor. Berdiri di atas lahan seluas 87 hektare, kebun buatan berusia lebih dari seabad ini menampung ribuan jenis tumbuhan.

Salah satu koleksi tumbuhan yang paling membetot perhatian adalah bunga bangkai. Saat mekar, tingginya bisa mencapai 3 meter.

Kuliner

- Roti Unyil Venus di Jl. Pajajaran Komplek V Point No.1, Bantarjati, Bogor Utara
- Asinan Ny. Yeni di Jl. Bina Marga No.1 (deket Terminal Baranangsiang), Bogor
- Macaroni Panggang di Jl. Salak No.24 Bogor

Medan

Danau Toba

Keindahan Danau Toba. Foto: iStock

Deretan bangunan berarsitektur Eropa berdiri gagah di beberapa sudut kota ini. Meski sudah lebih dari seabad, salah satu warisan kolonial itu masih tetap terawat.

Maka tak heran, Medan menjadi salah satu tujuan wisata favorit. Apalagi kota terbesar ketiga di Indonesia ini memiliki Danau Toba yang termahsyur, sebuah danau yang terbentuk dari letusan gunung api super puluhan ribu tahun lalu.

Paket tahun baru

- Grand Aston City Hall
Alamat    : Jl. Balai Kota No.1, Medan
Acara      : New Years Eve dengan tema Back To 90's
Paket     : Deluxe Room (Rp1.768.000++/malam), Premier Deluxe Room (Rp1.848.000++/malam)

- Grand Swiss-Belhotel Medan
Alamat    : Jl. S. Parman 217 Medan 20152, Sumatera Utara
Acara      : New Year Eve Dinner (Dewasa: Rp399.000 net/orang), Eat, Love & Dance (Dinner Rp2.788.000 net per pasangan), New Year Eves Countdowns Party (Rp80.000 net per orang)

Wisata

- Istana Maimun

Bila Anda akan berkunjung ke Medan, sempatkanlah mampir ke Istana Maimun. Berlokasi di Jalan Brigjen Katamso, bangunan ini merupakan ikon kebanggaan warga Medan.

Wujud istana yang didirikan Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah tersebut terbilang unik. Tak hanya satu, arsitekturnya dipengaruhi banyak kebudayaan. Mulai dari Spanyol, India, Italia, hingga Melayu.

- Danau Toba

Udara sejuk menyergap tubuh ketika tiba di Danau Toba. Apalagi setelah menginjakkan kaki di Pulau Samosir, sebuah pulau vulkanik yang terletak di tengah danau.

Dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, tak heran bila udara di pulau ini cukup dingin saat malam hari. Namun, tak perlu khawatir. Panorama alamnya yang memikat akan membuat hati Anda lebih "hangat".

Menjelajah sejumlah air terjun di pinggiran Danau Toba atau berendam di air panas belerang adalah salah satu aktivitas mengasyikan di tempat ini.

- Brastagi

Perjalanan dari kota Medan menuju Brastagi membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jarak sekitar 60 kilometer. Di sini, pengunjung akan menemukan wisata air terjun danpemandangan yang indah dari bukit. Aktivitas yang bisa dilakukan antara lain berendam di air panas belerang.

Kuliner

- Bika Ambon Zulaikha di Jl. Mojopahit No.62, Medan
- Tip Top Cafe di Jl. Jend. A. Yani No. 92, Medan
- Bolu Meranti di Jl. Sisingamaraja No.19B, Medan
- Durian House (Pancake Durian) di Jl. Sekip No.67, Medan

Yogyakarta

Candi Borobudur berselimut kabut diabadikan dari bukit Puntuk Setumbu Magelang

Candi Borobudur berselimut kabut diabadikan dari bukit Puntuk Setumbu Magelang. Foto: Antara/ Anis Efizudin

Tak salah bila Kla Project mengangkat kota yang satu ini dalam judul lagu mereka. Ya, Yogyakarta, kerap membuat sejumlah pelancong rindu untuk kembali.

Budaya Jawa yang kental, kuliner nikmat, serta wisata alam memikat jadi pemikat manis untuk para turis. Tak jauh dari Yogyakarta, yakni di Magelang, terdapat sebuah candi Buddha terbesar di dunia. Borobudur namanya.

Tak hanya turis biasa, situs bersejarah yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia ini juga membuat para pesohor dunia terpincut. Sebut saja petenis Maria Sharapova, aktor Richard Gere, hingga CEO Facebook Mark Zuckerberg, tercatat pernah menyambangi  Candi Borobudur.

Paket tahun baru

The Phoenix Hotel
Alamat    : Jl.Jendral Sudirman No.9, Daerah Istimewa Yogyakarta
Acara      : Vintage Hollywood New Year Party

Wisata

- Ullen Sentalu

Ullen Sentalu bukan sekadar museum biasa. Museum yang ditata dengan apik ini memiliki koleksi peradaban budaya Jawa yang mengesankan, seperti lukisan dan foto-foto sejarah budaya Mataram Islam, hingga kain batik vorstenlanden.

Dibangun di atas lahan seluas 1,2 hektare, Museum Ullen Sentalu sangat asri dengan dikelilingi pohon rindang. Taman cantik di dalamnya semakin melengkapi keanggunan museum.

- Masjid Bawah Tanah

Tak jauh dari Taman Sari, terdapat sebuah masjid bawah tanah dengan desain tak biasa. Masjid ini berbentuk melingkar dan terdiri dari dua lantai.

- Pantai Pok Tunggal

Pantai yang satu ini memang tak seterkenal pantai lainnya di Yogyakarta. Akses jalannya yang menantang, kadang membuat nyali pelancong surut.

Namun, Pok Tunggal menyimpan panorama alam menakjubkan. Hamparan pasir putih dan air laut biru membentuk lanskap sempurna.

Kuliner

- Kuliner Bakphia Patok 75 di Jl. Adisucipto, Yogyakarta
- Gudeg - Yu Djum di Jl. Kaliurang Selokan Mataram
- Sate Klatak di Pasar Jejeran Bantul

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya