Ketahui Manfaat Wasabi bagi Kesehatan

Ilustrasi sashimi dan wasabi
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa secara tradisional, masyarakat Jepang menyantap sushi dan sasami bersama wasabi? Tanaman berwarna hijau terang ini tak hanya memberikan sentuhan cita rasa pedas, namun memberi sederet manfaat kesehatan. 

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

Salah satunya ialah mencegah keracunan makanan yang mungkin terjadi akibat mengonsumsi makanan mentah, terutama saat daging ikan yang digunakan tak lagi segar.

Tak hanya itu, wasabi yang memberikan efek rasa pedas menyengat hingga ke kerongkongan, juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya. Jadi, mulailah menikmati sushi bersama wasabi karena Anda akan mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan berikut ini, seperti dilansir RocketNews24:

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Mencegah keracunan makanan

Wasabi mengandung alil isothiocyanate, insektisida dan bakteriosida, yang ampuh memerangi potensi keracunan makanan. Wasabi menetralisir dan membunuh setiap spora jamur yang mungkin terdapat di makanan mentah. Inilah sebabnya wasabi umumnya disantap bersama sushi dan sashimi.

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Membuat awet muda

Saat diparut, wasabi melepaskan senyawa sulfinyl yang merupakan anti-oksidan yang kuat. Asupan sulfinyl secara rutin bisa membantu membalikkan penuaan dini karena menurunkan oksigen reaktif dalam tubuh.

Mencegah kanker

Selain menjaga tubuh awet muda, wasabi juga dapat mengurangi risiko kanker. Senyawa 6-MSITC yang terkandung di dalamnya memiliki sifat anti-inflamasi yang menciptakan pertahanan kuat dan melawan sel-sel kanker.

Menjaga kesehatan jantung

6-MSITC juga bekerja menghambat agregasi platelet, penggumpalan trombosit yang menyebabkan pembekuan darah. Dengan kata lain wasabi efektif mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Peredaran darah yang lancar juga membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.

Mengusir flu dan alergi

Mengkonsumsi wasabi adalah salah satu cara ampuh untuk mengatasi sinus, flu atau alergi. Pelepasan isothiocyanate alil mampu melawan bakteri yang menyerang saluran pernapasan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya