Studi: Obesitas Kurangi Umur Hingga 8 Tahun

Sumber :
  • REUTERS

VIVAlife - Jangan meremehkan obesitas karena ternyata mampu memperpendek harapan hidup Anda hingga delapan tahun. 

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Studi yang dilakukan McGill University menemukan fakta bahwa kelebihan berat badan mengurangi rata-rata usia hampir dua dekade tahun hidup yang sehat, berkat peningkatan risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular.

Profesor dan ahli epidemiologi Steven Grover, MD, penulis utama studi tersebut, mengatakan bahwa usia di mana Anda mengalami peningkatan berat badan adalah faktor kuncinya dan hal terburuk adalah mereka yang mengalaminya di usia muda.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Dalam studi yang dipublikasikan di The Lancet Diabetes dan Endokrinologi, Grover dan rekan-rekannya menggunakan data dari 4.000 orang yang terlibat dalam National Health and Nutrition Examination Survey untuk menganalisis kontribusi kelebihan berat badan untuk usia hidup yang hilang dan usia hidup sehat yang hilang. 

Grover menemukan bahwa mereka yang mengalami obesitas parah bisa kehilangan hingga delapan tahun masa hidup, sementara orang-orang yang mengalami obesitas ringan bisa kehilangan hingga enam tahun masa hidupnya. Sementara itu orang-orang yang kelebihan berat badan bisa kehilangan masa hidup hingga tiga tahun.

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

Umumnya orang dianggap mengalami kelebihan berat badan jika mereka memiliki indeks massa tubuh (BMI) 25-29,9. Mereka yang mengalami obesitas memiliki BMI 30 keatas. Orang dengan berat badan normal biasanya memiliki BMI antara 18,5-25.

"Pola ini jelas. Semakin bertambah berat badan mereka di usia muda, semakin besar efeknya pada kesehatan mereka. Dalam hal harapan hidup, kelebihan berat badan memiliki dampak seburuk dampak merokok," kata Grover seperti dilansir dari Huffington Post.

Menurut Mayo Clinic, saat ini lebih dari sepertiga orang dewasa di Amerika Serikat atau 78,6 juta orang mengalami obesitas. Obesitas sendiri telah lama dihubungkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi, stroke, dan kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya