Membentuk Siomay Kulit

Tanya:
Saya pernah makan siomay yang berkulit. Awalnya saya kira itu kembang tahu, namun ternyata bukan. Kulitnya dipakai ternyata kulit pangsit. Bagaimana cara mencetaknya? Apakah dikepal-kepal dengan tangan, baru kemudian dikukus? Lalu apakah yang berwarna oranye di puncak siomay?

Endang W_Jakarta (by email)

Jawab:
Yang Anda makan itu adalah siomay bungkus pangsit. Seperti siomay biasa namun dibalut dengan kulit pangsit. Adonannya tidak dibentuk dengan cara dikepal-kepal, melainkan dengan bantuan  mangkuk/cucing kecil.

Pertama-tama, oles bagian dalam mangkuk / cucing dengan minyak goreng. Setelah itu letakkan selembar kulit pangsit siap pakai ke dalamnya. Penuhi bagian dalamnya dengan adonan siomay, lalu beri sedikit wortel parut  di atasnya. Setelah dikukus sampai matang, siomay kulit akan mudah dilepas dari cetakannya.

Ada dua variasi siomay seperti ini. Yang pertama kulit pangsit dibiarkan utuh, sehingga ketika matang menyerupai kelopak bunga. Variasi yang kedua  sering disajikan di restoran Korea atau Jepang. Kulit pangsit digunting pas di tepi cetakkan, sehingga saat matang siomay tampak gemuk dan bulat.

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Bila Anda memiliki pertanyaan seputar dunia kuliner dan masak memasak, silakan mengirimkan pertanyaan ke email redaksi VIVAnews ke petti.lubis@vivanews.com. Pihak VIVAnews akan memilih satu pertanyaan terbaik setiap minggu. Bagi pengirim pertanyaan terbaik akan mendapatkan bingkisan menarik dari Demedia dan VIVAnews.

logo Demedia

Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam
Kawasan PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

Lippo Karawaci Cetak Pendapatan Rp 17 Triliun di 2023, Kantongi Laba Bersih Rp 50 Miliar

PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 15 persen year on year (YoY) menjadi Rp17 triliun pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024