Tips Nyaman Berlibur Bagi Penderita Diabetes

Ilustrasi liburan pakai gadget tablet
Sumber :
  • iStock
VIVAlife -
Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif
Menderita diabetes, terkadang mempersulit rencana liburan seru bersama keluarga. Makanan khas hari libur pun terpaksa ditinggalkan. Jangan bersedih, semua itu Anda lakukan demi kesehatan bukan? Untuk mengganti liburan yang menyenangkan, coba melakukan kegiatan lain yang juga bisa mengisi waktu libur. Ini ada beberapa ide yang kami rangkum dari EverydayHealth.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Ganti acara makan dengan waktu kebersamaan

Momen Bersejarah, Al Quran Berbahasa Gayo Hadir Memperkuat Identitas dan Budaya Aceh

Agenda liburan bersama keluarga besar, biasanya makan bersama. Namun untuk penderita diabetes yang rawan jika menyentuh makanan “tak aman,” mungkin bisa mengganti waktu kebersamaan di meja makan dengan berbelanja, nonton film, atau melakukan permainan yang melibatkan kekompakan keluarga. Tak kalah seru bukan?


Atur strategi makan


Jika Anda berlibur ke kampung halaman, dan tiba-tiba menerima undangan makan dari kerabat yang tak bisa ditolak, jangan bingung. Siasati dengan membuat strategi makan yang tepat. Jika Anda berencana makan malam, usahakan puasa karbohidrat pagi dan siang harinya. Jadi saat waktu makan malam tiba, Anda bisa makan tanpa khawatir diabetes menyapa.


Makan secukupnya

Dalam jamuan makan malam di momen libur, biasanya pemilik acara akan menyajikan makanan khas, sesuatu yang menjadi menu spesial di keluarganya. Hati-hati jangan tergoda, makan secukupnya. Jangan buat acara makan malam tersebut, jadi kunjungan terakhir Anda di rumah orang tersebut.


Makan perlahan


Agar tak cepat kenyang, cobalah makan perlahan agar makanan bisa diolah tubuh. Terlebih saat melahap makanan penutup, Anda sepatutnya makan perlahan, agar gula yang masuk ke tubuh langsung dalam jumlah banyak.


Bawa menu khusus diabetes


Jika memang tak bisa lagi menerima makanan manis di meja, siasati dengan membawa makanan sendiri, yang disajikan di meja tamu. Orang yang tak sakit diabetespun akan mengerti tentang sakit Anda, dan yang pasti orang akan merasa senang jika dibawakan makanan dari tamunya.


Jadwalkan olahraga bersama


Mengisi liburan dengan olahraga bersama keluarga, juga tidak ada salahnya. Luangkan 60 menit libur Anda untuk berolahraga bersama keluarga dan kerabat. Pergilah ke sarana umum seperti gym, kolam renang, maupun lapangan golf, yang bisa dikunjungi bersama di sela agenda santai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya