Efek Menggunakan Pemutih Gigi

Wanita tersenyum dan bernapas.
Sumber :
  • iStock
VIVAlife – Menjaga kebersihan mulut dan gigi bisa dilakukan dengan menyikat gigi secara teratur dan membersihkan mulut dengan obat kumur antiseptic. Namun, jika intensitas menggosok gigi dilakukan secara berlebihan, bukannya mendapat gigi yang sehat, tapi justru pudarnya warna alami gigi yang didapat.
Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Konsumsi minuman dan makanan yang pekat seperti teh dan kopi, atau makanan yang bersuhu terlalu dingin maupun terlalu panas, juga bisa memicu hilangnya warna putih alami gigi yang akan berubah menjadi kekuningan. Jika sudah terjadi, Anda tentu akan melakukan segala cara untuk mengembalikan ke alamian warna gigi agar kembali seperti semula.
Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Beberapa orang yang warna giginya sudah rusak karena makanan dan minuman yang dikonsumsi, akan memilih jalan pintas, yaitu dengan cara memakai pemutih gigi. Namun, yang masih dipertanyakan adalah, apakah penggunaan pemutih gigi aman untuk kesehatan mulut dan gigi kita?
Pelatih Persib Puji Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

Richard H. Price, seorang praktisi gigi dari Boston menjelaskankan bahwa, penggunaan obat kimia pemutih gigi adalah hal yang berbahaya bagi kesehatan gigi kita. Hal ini karena, zat kimia yang terkandung dalam pemutih gigi tersebut justru dapat membuat mulut menjadi lebih kering, serta lebih memudahkan pembentukan plak dalam gigi.

Price menyarankan, daripada menggunakan zat kimia yang berbahaya bagi gigi dan mulut kita, cobalah melakukan perawatan yang lebih dasar dan yang pasti lebih ramah pada mulut dan gigi kita. Salah satu caranya ialah dengan menggosok gigi secara teratur.

Dilansir dari laman WebMD, proses pengembalian warna alami gigi juga dapat dilakukan dengan memakan makanan sehat. Selain menjauhkan dari kita dari obesitas, yang lama kelaman akan berpengaruh pada kesehatan gigi, makanan sehat juga akan membantu kita mengembalikan warna alami gigi.

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya