Dua Kota di Jerman Ini Terkejut dengan Film Besutan Lola Amaria

Lola Amaria Sutradarai Film Negeri Tanpa Telinga
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAlife - Artis sekaligus sutradara Lola Amaria mengaku puas film besutannya, Sanubari Jakarta mendapat respons positif di Jerman. Setelah Berlin, dua kota lainnya, Hamburg dan Koln pun sukses ditayangkan film bergenre drama sosial itu di depan banyak penggemar film.

Pemutaran film yang bertema Lesbian Gay Biseks dan Transgender (LGBT) ini diprakarsai oleh Watch Indonesia! Dalam rangka peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia.

“Mereka menanyakan berkali-kali, kok bisa ada film LGBT yang sedemikian lugasnya menyampaikan pesan-pesan koeksistensi sosial. Menurut mereka, negara muslim pada umumnya sangat sensitif dengan isu ini. Mayoritas masyarakat Indonesia kan muslim,” ujar Lola Amaria sang produser film kepada VIVAlife, Rabu 17 Desember 2014.

Lanjut Lola, masyarakat Hamburg juga belum lupa bahwa di masa lalu Indonesia adalah termasuk negara yang menerapkan sensor yang sangat kuat terhadap bentuk-bentuk kebebasan berpendapat.

“Mungkin di benak mereka, demokrasi di Indonesia tidak secepat ini berkembang. Badan sensor sekarang tidak bisa semau-maunya bertindak,” kata dara kelahiran 30 Juli 1977 ini.

Lalu di Bürgerzentrum Alte Feuerwache, kota Koln, Lola bercerita tentang suksesnya pemutaran film berdurasi dua jam tersebut. Kata Lola, filmnya itu akan menjadi kajian studi di Koln.

"Ada permintaan dari beberapa universitas dan lembaga studi di Jerman untuk menjadikan film ini sebagai kajian studi,” kata wanita berambut pendek ini.

Sanubari Jakarta adalah film Omnibus yang memuat 10 cerita dari 10 sutradara muda. Kisah cinta komunitas LGBT dieksplorasi dari berbagai sudut, termasuk mereka para transgender. Selain Lola Amaria, para sutradara itu antara lain Adriyanto Waskito Dewo, Alfrits John Roberts, Aline Jusria, Billy Christian, Dinda Kanyadewi, Fira Sofiana, Kirana Larasati, Sim F dan Tika Pramesti.

Cak Imin soal PKB Gabung ke Pemerintahan Prabowo: Alhamdulillah, Semuanya Smooth!

Baca juga:

Elon Musk.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Imbas dari merosotnya kekayaanya Elon Musk tersebut kini mengalami penurunan kekayaan dari daftar orang terkaya di dunia dari posisi sebelumnya kedua kini menjadi ketiga.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024