Sedikit Tidur Ganggu Fungsi Otak

susah tidur
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Data menunjukkan, 40 persen orang di Amerika Serikat memiliki jam tidur singkat. Beberapa tokoh terkenal seperti Thomas A Edison, hanya tidur selama 3 sampai 4 jam sehari.

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Begitu juga dengan Bill Clinton, bahkan kabar menyebut, mantan presiden Amerika ini sudah mengalami gangguan tidur jauh sebelum ia mendapat mandat memimpin negaranya.

Faktanya, orang yang memiliki kesibukan padat cenderung memiliki jam tidur sedikit. Everyday Health menulis, 10 sampai 15 persen orang di Negara Paman Sam memiliki gangguan tidur karena sakit yang diderita, sedangkan 25-30 persen dari mereka, mengalami susah tidur karena gaya hidup.

Hal ini sungguh sangat disayangkan, karena pada dasarnya seorang manusia membutuhkan waktu tidur dan beristirahat paling tidak 7 jam setiap harinya. Jika waktu ini dihabiskan untuk beraktivitas, maka tubuh akan mengalami gangguan kesehatan.

"Kurangnya waktu tidur, akan memicu munculnya kerusakan fungsi otak," ujar Dr. Wen Shin Lai MD, dokter spesialis kesehatan dari Pennsylvania.

Demi mengatasi masalah tidur ini, peneliti di Amerika Serikat mencetuskan terobosan baru, yaitu SleepRate. Sebuah aplikasi yang berfungsi untuk memperbaiki masalah tidur.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Dengan bantuan aplikasi di ponsel pintar ini, Anda dapat mengetahui siklus tidur dan dapat mengukur berapa lama waktu tidur yang dimiliki, sehingga akan mempermudah penanganannya.

Tanpa bantuan aplikasi sekalipun, penanganan pada masalah tidur tetap bisa dilakukan. Caranya, jangan paksakan diri jika sudah merasa lelah, segeralah beristirahat.

Selalu sediakan waktu di malam hari untuk tidur tanpa gangguan apa pun. Karena, waktu tidur yang terjaga akan membuat aktivitas harian Anda lebih produktif dan bermanfaat. (art)

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan
Emil Audero Mulyadi rayakan Scudetto Inter Milan

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

 Inter Milan sukses memastikan diri merebut Scudetto Serie A yang ke-20. Ternyata, ada 'orang Indonesia' yang ikut membantu La Beneamata merebut bintang kedua.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024