Menikmati Wisata Makam di Tepi Jurang

Upacara Rambu Solo (kematian) di Tana Toraja
Sumber :
  • ANTARA/ Basrul Haq

VIVAlife - Indonesia punya banyak ragam dan destinasi wisata, mulai pemandangan alam, wisata religi hingga budaya. Salah satu yang cukup populer adalah upacara adat penguburan di Tana Toraja.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

DPRD Jambi Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Jambi 2023

Berbeda dengan pemakaman di daerah lain, ritual penguburan di Tana Toraja sangat sakral dan membutuhkan biaya yang sangat mahal. Upacara pemakaman secara adat bagi jenazah bangsawan Toraja dikenal dengan nama Rambu Solo. Untuk dapat melaksanakan upacara adat ini, sanak keluarga yang ditinggalkan harus menyembelih sekitar 24 hingga 100 ekor kerbau bagi golongan bangsawan atau 8 ekor kerbau dan 50 babi bagi golongan menengah. 

Tidak hanya itu, kuburan masyarakat Toraja pun berlokasi di daerah yang tidak biasa, bukan di tanah datar, melainkan dalam gua di tebing-tebing yang tinggi dan curam. 

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Kuburan yang berupa gua alam itu disebut Londa dan memiliki kedalaman sekitar 1.000 meter. Suasana disana gelap dan mistis di beberapa tempat untuk naik dan turun cukup terjal, sebagian hanya memiliki ketinggian sekitar 1 meter sehingga orang harus membungkuk saat melewatinya.

Di dalam gua terdapat ratusan tengkorak dan ribuan tulang belulang yang sebagian sudah berumur ratusan tahun. Banyak juga peti-peti mati yang masih baru. Udara di dalam gua terasa sejuk, tidak pengap ataupun berbau meskipun di dalam gua terdapat banyak mayat.

Dilansir Indonesia Travel, masyarakat Toraja percaya bahwa orang yang meninggal dapat membawa hartanya ke kehidupan setelah mati. Inilah salah satu alasan mengapa mereka mengubur peti-peti mati di tempat-tempat yang tinggi. Selain untuk melindungi harta yang ikut dikubur, mereka juga percaya bahwa semakin tinggi letak peti mati maka semakin dekat perjalanan roh yang meninggal menuju tempatnya setelah mati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya