Sudah Tahu Oleh-oleh Khas Depok? Ini Dia

Agrowisata Belimbing, Kota Depok
Sumber :
  • VIVAnews/Linda Hasibuan
VIVAlife - Kota Depok terkenal dengan penghasil belimbing yang segar di Indonesia. Belimbing Dewa biasa warga Depok menyebutnya. Semenjak banyak menghasilkan belimbing di kota Depok, maka dijadikanlah Belimbing Dewa sebagai ikon kota Depok sejak tahun 2007. Sejak saat ini belimbing masih banyak dibudidayakan oleh petani kota Depok secara klimatologis. 
Prabowo: Kita Harus Bersatu di Dalam atau Luar Pemerintahan

Buah yang berwarna kuning keemasan ini mengandung vitamin C dan A menjadi inspirasi kreatif oleh salah satu warga Depok. Buah ini dijadikan aneka ragam makanan dan minuman berbahan dasar belimbing. Salah satunya adalah Maria Gigih Setiarti, mengelola berbahan dasar belimbing sejak tahun 2006. Usaha yang mulai dirintisnya ini sangat membantu para petani belimbing di kota Depok. 
Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

Bagaimana tidak, pasalnya setiap belimbing mempunyai kualitas yang berbeda yaitu Great A, Great B, dan Great C. Kualitas Great A dan B biasanya buahnya akan dijual, tapi jika Great C buahnya akan dibuang. Maria pun siap menampung belimbing berkualitas C dan diolah menjadi sebuah makanan dan minuman yang enak.
Jika Perang Dunia ke-3 Pecah, Benarkah akan Jadi Perang Akhir Zaman Jelang Kiamat?

Aneka ragam jenis makanan dan minuman yang berbahan dasar belimbing yang dapat diolah, seperti dodol, wingko, keripik, jus, sirup, dan masih banyak lagi. Selain itu makanan dan minuman ini menjadi oleh-oleh khas Depok yang disukai oleh para pelancong dari segala penjuru. Rasa yang tidak diragukan lagi menjadi nilai tambah. 

Oleh-oleh berbahan belimbing ini dibuat tanpa pengawet dan akan bertahan selama 4 bulan. Pembuatannya sendiri masih melakukan tenaga manual, tangan terampil yang mengolah menjadikan oleh-oleh khas Depok ini perlu kita apresiasi dan mencintai produk dalam negeri.

"Di tahun mendatang saya mempunyai tiga target yaitu akan meningkatan produktivitas pengolahan belimbing dengan mendirikan pusat koperasi, berperan memenuhi pasar lokal dengan produk-produk yang kami miliki, dan menambah varian baru guna memanjakan lidah konsumen" ujar Maria kepada VIVAlife Jum'at, 19 Desember 2014.

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya