Alasan dari Pentingnya Berpelukan

Pasangan kekasih.
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Kapan terakhir Anda memeluk orang yang paling Anda sayang? Bukan hanya pasangan, tapi juga ibu, ayah, atau sahabat terdekat. Faktanya, aktivitas berpelukan, memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh Anda, baik dari segi kesehatan, maupun dari segi emosional yang melakukannya.
Tetap Kompak, Momen Eko dan Akri Jenguk Parto, Minta Penggemar Jangan Khawatir Hal Ini

Seperti dilansir laman Eharmony, berpelukan selama beberapa detik saja, sangatlah penting untuk diri Anda. Mengapa? 
Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Faktanya, "segala aktivitas seksual seperti berciuman, berpegangan tangan, dan berpelukan, dapat membuat tubuh kita melepaskan hormon oksitosin yang membuat perasaan jadi lebih bahagia," ungkap Elizabeth Lombardo, seorang psikiater. 
Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Selain itu, berpelukan, bisa menghilangkan tekanan dan beban yang ada di pikiran. Karena, pada saat berpelukan, terjadi semacam reaksi kimiawi yang terjadi pada hormon oksitosin tersebut yang berpengaruh pada berkurangnya tekanan darah. Selain itu, berpelukan dapat memperkecil risiko sakit jantung dan dapat meredakan emosi dan rasa panik. 

Untuk ibu dan anak, berpelukan adalah hal yang sangat penting. Karena, pada saat itulah sang ibu mendekatkan diri dengan buah hatinya, lewat sentuhan tangan. Dengan begitu, ikatan emosional antara sang ibu dengan anaknya akan mudah terjalin dan menjadi tak terpisahkan. 

Selain itu, jangan lupakan kenyataan bahwa berpelukan membuat kita berkomunikasi lebih baik dengan pasangan maupun dengan anak. "Berpelukan dapat mengirim rasa empati yang dirasakan seseorang kepada orang yang dipeluknya. Karena, semua orang ingin dimengerti dan dipahami, berpelukan dapat mengirim sinyal tersebut pada tubuh yang dipeluk".

Jadi, berpelukan sangatlah dibutuhkan oleh semua orang. Selain membuat kita merasa istimewa, pelukan hangat adalah simbol kasih sayang dan kepercayaan yang harus selalu dijaga. (art)

Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya