Trik Mengatasi Anak yang Susah Makan

Sarapan bersama anak-anak.
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Anak yang susah makan atau sedikit makan seringkali membuat banyak orangtua khawatir. Berbagai cara dilakukan orangtua untuk membuat sang buah hati mereka mau menyantap makanan dengan lahap.
Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Yang tidak diketahui orangtua ialah kapasitas makanan yang bisa dikonsumsi anak tergantung perut atau lambung mereka. Menurut dr. Johnny Nurman, SpA, untuk anak berusia 1-2 tahun asupan makanan sehari-hari mereka idealnya sebanyak 1.200-1.300 kalori per hari.
Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

"Satu porsi nasi dengan doa potong daging mengandung sekitar 300-400 kalori jadi bisa untuk tiga kali makan," ujarnya pada acara talkshow ANTV bertajuk Pola Makan Terhadap Anak di Atrium Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Minggu, 21 Desember 2014.
Kemnaker Berkomitmen Terus Tingkatkan Kinerja Layanan Publik Balai Besar K3 Jakarta

Dokter anak di Brawijaya Women and Children Hospital itu juga mengatakan bahwa anak yang susah makan juga bisa dikarenakan oleh penyakit kronis seperti TBC. Selain itu, anak yang hiperaktif juga bisa berpengaruh pada pola makannya. Begitu pula dengan anak yang akan tumbuh gigi.

"Jika anak susah makan karena akan tumbuh gigi, tidak perlu khawatir karena itu hal yang normal. Anda dapat menggunakan teether atau sesuatu yang bisa digigit untuk merangsang pertumbuhan gigi dengan baik sekaligus menghilangkan nyeri," ucap Johnny.

Sedangkan untuk anak-anak yang berusia diatas 1 tahun yang gigi susunya sudah akan lepas atau bolong sehingga susah makan, orangtua disarankan untuk rutin mengunjungi dokter gigi setiap satu tahun atau enam bulan sekali.

Yang pasti, bedakan antara anak yang susah makan dan yang gemar pilih-pilih makanan.

"Kalo misal anak nggak mau makan nasi tapi dia lahap makan mi atau pizza, itu lebih klasifikasinya bukan karena susah makan, tapi lebih milih makanan," ucap Johnny.

Dalam hal ini, dibutuhkan ketegasan dan kesabaran orangtua untuk memberikan pengertian kepada mereka agar tak lagi pilih-pilih makanan dan belajar menerima apapun makanan yang diberikan. Beri tahu juga pada mereka bahwa untuk comfort food atau makanan-makanan yang mereka suka seperti mi dan pizza juga akan Anda berikan sesekali, dengan catatan mereka tak lagi pilih-pilih makanan.

Sedangkan bagi anak berusia di atas satu tahun yang susah makan, ajari mereka untuk makan sendiri di atas baby chair atau meja makan. Hindari makan sambil bermain dan menonton televisi. Selain itu, agar mereka lebih semangat makan, tambahkan sedikit cita rasa pedas jika memang mereka menyukainya.

"Memang perlu banyak kesabaran dan trik-trik khusus untuk melatih anak agar tidak susah makan. Yang penting Anda melakukannya pelan-pelan secara bertahap," kata dia.

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya