Kenali Gejala Awal Demensia Alzheimer pada Lansia

Peluncuran Buku Ketika Ibu Melupakanku
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAlife - Memasuki usia lanjut, tubuh manusia biasanya mengalami penurunan fungsional. Organ-organ utama seperti jantung, hati, juga otak, mengalami gangguan yang bisa menyebabkan beberapa penyakit.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Namun, berbeda dengan gejala Demensia Alzaimer. Penyakit ini mematikan sel saraf di dalam otak, sehingga penderitanya mengalami kepikunan dan tidak bisa beraktivitas karena kerusakan pada otak tersebut.

Untuk itu, diperlukan pengetahuan yang cukup akan gejala-gejala yang memicu penyakit ini. Berikut adalah gejala umum Demensia Alzheimer, menurut Alzheimer's Indonesia.

Gangguan daya ingat

Verrell Bramasta Berharap Prabowo-Gibran Lebih Fokus Pada Kemajuan Anak Muda

Gejala awal dari penyakit Demensia Alzheimer ialah ketika seseorang mulai lupa dengan janji, melupakan hal yang baru terjadi, sering menceritakan atau menanyakan hal yang sama, serta lupa meletakkan sesuatu.

Sulit fokus

Pengidap Demensia Alzheimer biasanya sering mengalami gangguan dengan fokus. Mereka cenderung sulit beraktivitas, sulit melakukan hal-hal yang seharusnya bisa dilakukan sendiri seperti mengoperasikan telepon, ponsel, atau melakukan hitung-hitungan sederhana.

Disorientasi

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Dalam kasus Demesia Alzheimer, pengidap cenderung sering merasa kikuk dan bingung saat berada di suatu tempat. Selain itu, pengidap biasanya sering lupa jalan pulang dari suatu tempat

Sulit memahami visuospasial

Jika sudah terdiagnosis penyakit Demensia Alzheimer, pengidap akan mengalami kesulitan membaca, menulis, menentukan jarak, membedakan warna, hingga mengenali wajah seseorang. Jika sudah masuk ke tahap ini, penyakit Demensia Alzheimer sudah memasuki fase lanjut.

Sulit mengambil keputusan

Pada tahap yang sudah akut, pengidap Demensia Alzheimer akan kesulitan dalam membuat keputusan. Pakaian yang tidak serasi, atau memakai kaus kaki yang beda sebelah adalah salah satu contohnya.

Menarik menarik diri dari pergaulan

Para penderita Demensia Alzheimer lama kelamaan akan menarik diri dari pergaulan. Mereka lebih senang menghabiskan waktu sendiri di rumah dan tidak bersosialisasi ke luar rumah.

Perubahan perilaku dan kepribadian

Dalam fase yang paling parah, penderita Demensia Alzheimer akan mengalami perubahan emosi secara drastis, mudah bingung, curigaan, depresi, dan mudah kecewa.

Jika tanda-tanda ini mulai nampak pada Anda atau orang terdekat, segeralah periksakan ke rumah sakit terdekat agar penanganannya bisa dilakukan sebelum terlambat. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya