Empat Faktor Pemicu Sulitnya Turunkan Berat Badan

Ilustrasi wanita makanan sehat
Sumber :
  • iStock
VIVAlife - Tubuh langsing dengan lekuk pinggang adalah impian setiap wanita. Berbagai cara dilakukan agar mendapatkan tubuh proposional idaman. Sayangnya, tak selalu berjalan mulus.
Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Usaha keras terasa sia-sia, karena berat badan tak juga turun. Dan masih banyak orang yang bilang Anda masih terlihat gemuk. 
Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC

Anda merasa frustasi, karena kerja keras Anda menurunkan bobot tubuh tak membuahkan hasil maksimal. 
Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian

Profesor Robert J Hedaya dari Universitas Medical Center Georgetown menyatakan, banyak orang yang menganggap gaya hidup menjadi pemicu kegemukan. 

"Tapi sebenarnya tubuh kita bereaksi terhadap faktor-faktor yang tidak bisa kita kendalikan," katanya seperti dikutip dari Prevention, Jumat, 26 Desember 2014.

Berikut beberapa faktor yang membuat berat badan sulit turun:

1. Depresi

Saat depresi, banyak orang yang memilih untuk mengosumsi obat. Padahal, banyak obat anti depresan menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi, ketika Anda mengalami stres dan depresi, kemudian mengosumsi obat. Jangan harap diet Anda akan berhasil. Obat anti depresan bisa menaikkan berat badan 2 hingga 6 kilogram. 

2. Usus lambat

Masalah pencernaan, termasuk gerakan usus yang lambat juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. "Idealnya Anda makan, dan satu jam kemudian Anda memiliki gerakan usus," kata Dr Hedaya. 

3. Tubuh kehilangan nutrisi

Disaat tubuh kehilangan vitamin D, magnesium, atau zat besi dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh atau mengubah metabolisme tubuh. Kondisi ini membuat Anda mengosumsi makanan dan minuman yang manis dan karbohidrat untuk mengimbanginya. Hal ini tentu saja aka membuat bobot tubuh bertambah. 

4. Faktor usia

Bertambahnya usia adalah faktor yang tidak bisa dihindari. Dengan bertambahnya usia, banyak yang mengeluh metabolismenya melambat. Di usia ini dibutuhkan lebih banyak olahraga dibandingkan menjalani diet. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya