KONSULTASI: Mengatasi Bercak Merah Gatal di Kulit

Ilustrasi kulit gatal
Sumber :
  • iStock
VIVAlife –
Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah
Tahukah Anda bahwa pikiran berat bisa menghasilkan penyakit di bagian kulit? Simak konsultasi antara pasien dan dokter dari
Meetdocter
Polisi Serahkan Selebgram Chandrika Chika ke BNNK Jaksel soal Kasus Narkoba, Mau Rehab?
ini, agar Anda terhindar dari masalah serupa.
Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Pertanyaan:

Dokter, saya seorang wanita berusia 37 tahun. Entah mengapa, di kulit saya mendadak ada bercak merah seperti ruam, rasanya gatal dan sedikit melebar sebesar ibu jari. Meski pernah diobati dan sembuh, namun kadang-kadang ruam itu muncul lagi, meski durasi kemunculannya tidak cepat, dalam beberapa bulan.


Dulu kata dokter umum, ini akibat saya kecapekan dan itu adalah virus. Kalau ia memang masih sering muncul, kira-kira pencegahan seperti apa yang harus saya lakukan, agar ke depannya penyakit ini tak muncul lagi.


Salam

Sisca Anisa


Jawaban:


Dear Mbak Sisca,


Keluhan kulit seperti itu juga bisa karena faktor kelelahan maupun stres, atau pikiran berat. Biasanya timbul, atau muncul pada daerah yang terjangkau oleh tangan, dan aktivitas menggaruk sering dilakukan untuk mengurangi gatalnya, hingga timbul luka, atau kulit kering yang menebal.


Hal seperti ini dalam dunia kedokteran, disebut neurodermatitis. Namun, ruam yang gatal, juga bisa karena alergi maupun iritasi terhadap sesuatu hal, yang disebut dermatitis kontak alergi maupun iritan.


Coba perhatikan, apakah ada bahan tertentu yang Anda sebenarnya tidak cocok. Jika sudah tahu, cukup mudah mencegah muncul kembali dengan menghindari bahan tersebut. Bila Anda masih ragu, sebaiknya masalah kulit ini dikonsultasikan dengan dokter spesialis kulit kelamin (Sp.KK). Semoga Anda sehat selalu.


dr. Fransisca Alvionita / Meetdoctor.com




Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id.


Masalah Anda akan dijawab dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya