Penelitian: Sepak Bola Bagus untuk Kesehatan Wanita

wanita main bola
Sumber :
  • istock
VIVAlife -
Terpopuler: Kata CEO Starbucks Soal Agnez Mo Dikecam, Gaya Busana BCL Ramai Dikritik
Sebuah penelitian memberikan cara baru untuk wanita yang ingin menurunkan tekanan darah, yaitu dengan bermain sepak bola. Ya, olahraga yang biasanya dimainkan pria ini, ternyata ampuh menurunkan tekanan darah kaum hawa.

Lupa Jalan ke Hotel, Jemaah Bisa Minta Bantuan Petugas Haji di Masjid Nabawi

Penelitian ini, mengamati 41 wanita yang belum pernah melakukan olahraga sepak bola, dengan tekanan darah sekitar 140/90 mmHg. Seluruh peserta kemudian diminta mengikuti latihan rutin sepak bola selama 15 pekan.
Ratusan Emak-emak Tangerang Ikut Senam Cegah Osteoporosis


Menurut Magni Mohr, salah satu peneliti dari University of Gothenburg, Swedia, latihan rutin sepak bola yang dilakukan wanita paruh baya menunjukkan hasil cukup signifikan. "Setelah rutin mengikuti latihan sepak bola ringan, para wanita ini berhasil menurunkan sebanyak 6 mmHg hingga 12 mmHg tekanan darahnya," kata Magni.


Times of India
melansir, selain berhasil menurunkan tekanan darah, latihan sepak sepakbola juga mampu menurunkan berat badan para wanita ini sebanyak 2 sampai 3 kilogram, yang tentunya menjadi nilai plus.


Hal senada juga dikemukakan Peter Krustrup, seorang profesor dari University of Exeter, Inggris. Dia juga mengatakan, selain dapat menurunkan tekanan darah dan berat badan, rutin melakukan latihan sepak bola ringan pada wanita, juga menurunkan jumlah kolesterol yang dapat memicu penyakit berbahaya, seperti salah satunya, stroke. (art)


Baca juga:





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya