Manfaat Anggur Merah Bagi Kesehatan

Anggur merah dan hijau
Sumber :
  • punyaliana.wordpress.com

VIVAlife - Anggur merah (red wine) adalah minuman yang biasa hadir dalam beberapa acara besar atau perayaan seperti Natal dan Tahun Baru. Menikmati segelas anggur merah sambil berbincang dengan keluarga, pastinya akan sangat menghangatkan. Namun, selain untuk perayaan, minuman ini ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari Times Of India, sebuah penelitian membuktikan bahwa anggur merah dapat menjadi senjata ampuh untuk melawan penyakit jantung, kanker dan penyakit lain yang disebabkan oleh kolesterol. Dan yang menjadi kuncinya ialah resveratrol.

Resveratrol, selain pada anggur merah, juga terkandung dalam kacang tanah dan beberapa jenis buah beri seperti blueberry, mulberry dan cranberry. Kandungan ini mampu mengurangi peradangan dan memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Kendall Nettles, salah satu peneliti yang berasal dari Florida Campus of The Scripps Research Institute (TSRI) menemukan bahwa kebaikan dari kandungan resveratrol dalam anggur merah dapat meingkatkan kinerja hormon esterogen, terutama pada bagian reseptornya.

Peningkatan kinerja hormon esterogen ini, menurut Kendall, sangat berpengaruh pada tubuh sehingga dapat memperkecil risiko obesitas, diabetes, hingga berbagai jenis kanker. (one)

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Baca juga:

Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024