Terpesona Pulau Tikus Pemecah Gelombang

Ilustrasi penyu
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Nama Pulau Tikus mungkin agak sedikit menggelitik di telinga Anda. Terlepas dari namanya bahwa ternyata pulau TikusĀ  sebuah destinasi bahari andalan kota Bengkulu. Lokasi nya berada di sebelah barat ibukota Bengkulu. Sekitar 10 kilo meter jika dari pusat kota.

Menurut Indonesia Travel pulau ini memiliki luas sekitar 2 hektare. Memang tidak terlalu besar untuk seukuran pulau tapi potensi yang ditawarkan sangat luar biasa. Pulau Tikus mempunyai taman bawah laut yang beragam dan kaya dengan sumber hayati.

Pulau Tikus dulunya merupakan tempat kapal-kapal untuk berlabuh dan berlindung dari hantaman badai ombak laut samudera Indonesia. Di lokasi sekitar pulau terdapat mercusuar yang masih berdiri tegak di pulau ini.

Pulau ini memiliki pasir yang putih dan airnya yang jernih. Pulau Tikus merupakan tempat penangkaran penyu sisik dan penyu hijau untuk bertelur. Di kawasan ini terdapat aneka ragam jenis karang seperti acroporase, poriter, fungia, pocillopora, montipora, dan sarcophiton.

Jika Anda ingin menyambangi pulau ini bisa melewati pantai panjang dengan menyewa perahu dengan waktu 40 menit. Pulau kecil ini juga menjadi habitat berbagai jenis burung seperti burung dara laut, burung bangau hitam, burung pecuk padi, dan sebagainya. Aneka flora pun juga tumbuh di pulau ini seperti ketapang, waru, kelapa, dan lainnya.

Meski terbilang pulau kecil pulau ini banyak menjanjikan ketenangan. Pemandangan yang indah dengan habitat yang masih terjaga menjadi nilai tambah bagi para pengunjung. Tidak hanya itu jika Anda ingin melihat kekayaan bawah laut menyelam adalah hal tepat melengkapi liburan Anda.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Baca juga:

Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024