Mengenang 'Mahar', Sang Pemuja Seni

Verrys Yamarno
Sumber :
  • Facebook/Verrys Yamarno

VIVAlife - Nama Verrys Yamarno mungkin kurang akrab di telinga masyarakat. Namun, jika menyebut Mahar, orang pasti langsung terkenang sosok bocah eksentrik yang begitu menggemari seni dalam film Laskar Pelangi, yang diangkat dari novel berjudul sama karya Andrea Hirata.

Oki Setiana Dewi Ingin Anak Jadi Hafiz Al-Qur'an

Ya, Verrys Yamarno adalah pemeran Mahar, si pemuja seni. 

Dikisahkan, Mahar adalah bocah tampan bertubuh kurus yang punya bakat serta minat besar pada seni. Bakatnya pertama kali diketahui gurunya, Ibu Muslimah, saat Mahar ditunjuk bernyanyi di depan kelas saat pelajaran seni suara. 

Rahasia KD Agar Tetap Tampil Maksimal

Tidak hanya jago bernyanyi, Mahar juga kerap memberikan ide-ide fantastis kepada teman-temannya, para Laskar Pelangi. Bersama Mahar, dunia bocah-bocah Belitung itu menjadi penuh warna dan nuansa. Selalu ada aksi hebohnya yang mengundang tawa, sekaligus rasa kagum.

Verrys Yamarno sebagai Mahar di Film Laskar Pelangi

Kata KD Soal Kritikan Netizen

Verrys Yamarno saat berperan sebagai Mahar di Film Laskar Pelangi|FOTO: Facebook/Laskar Pelangi

Di tangan Verrys, tokoh Mahar menjelma hidup. Dia begitu mendalami peran sebagai bocah bernama lengkap Mahar Ahlan bin Jumadi Ahlan bin Zubair bin Awam itu. 

Bahkan, dalam sebuah wawancara dengan media lokal, Verrys sempat bertutur kisahnya mirip dengan Mahar. 

Soal kedekatannya dengan seni, Verrys mengaku sangat menggilai musik. Dia menyukai karya Chrisye, Koes Plus dan Ebiet G. Ade. Dia juga pernah menuturkan menyenangi musik Siti Nurhaliza. "Liriknya indah," katanya waktu itu. 

Verrys Yamarno sebagai Mahar di Film Laskar Pelangi

Verrys Yamarno saat berperan sebagai Mahar di Film Laskar Pelangi|FOTO: Facebook/Laskar Pelangi

Lahir di Desa Rasau, Gantung, Belitung Timur, pada 17 Maret 1996, anak bungsu dari dua bersaudara ini memang menunjukkan bakat seni. Buktinya, akting Verrys di film Laskar Pelangi, sangatlah natural, terutama saat menyanyikan lagu Melayu berjudul "Bunga Seroja".

Soal pendidikan, menurut Verrys, mereka berdua sama-sama berjuang mendapatkan hidup dan pendidikan yang layak.

Verrys berjuang mendapatkan beasiswa untuk mengenyam pendidikan yang lebih baik. berkat usahanya, dia mendapatkan biaya pendidikan hingga sarjana dari PT Pertamina. Selain itu, Verrys juga pernah mendapat apresiasi dari Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Terakhir, sebelum tutup usia, Verrys tercatat sebagai mahasiswa semester 3 Fakultas Film dan Televisi di Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Verrys Yamarno 

Foto terakhir Verrys Yamarno saat dia berlibur bersama teman-temannya. |FOTO: Facebook/Verrys Yamarno

Tapi, kontras dengan Mahar yang bertubuh kurus, Verrys terlihat lebih berisi. Dia juga merupakan anak yang ceria. Terlihat dari foto-fotonya di akun Facebook Verrys Yarmanto (Mahar). Di dua foto terakhirnya yang bertanggal November 2014, Verrys tampak tengah menikmati liburan. Bersama teman-temannya, Verrys, mengenakan jaket pelampung berwarna oranye, tersenyum ke arah kamera di atas perahu.

Sayang, keceriaan itu kini tinggal kenangan. Verrys mengembuskan nafas terakhirnya pada usia 18 tahun, Senin, 12 Januari 2015. Dia diduga sakit. 

Selamat jalan Verrys...

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya