Minum Ketika Makan, Apakah Aman?

Sahabat makan di kantor.
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Beberapa orang sering minum di sela-sela makan. Apakah hal ini aman? Berikut pembahasannya dikutip dari Times of India. Faktanya, minum di sela waktu makan, dapat melemahkan kerja enzim yang berperan dalam proses pencernaan, seperti enzim lambung dan di perut.

Kinerja enzim yang melemah, mampu memperlambat proses pencernaan yang akan menimbulkan perut kembung, sembelit, dan gangguan perut lain. Namun demikian, menurut penjelasan dari Piya Kankera, seorang ahli gizi, tidak ada aturan yang melarang kita mengonsumsi air saat sedang makan karena dampaknya tidak terlalu membahayakan tubuh.

Enzim dan asam lambung akan tetap bekerja secara optimal, asalkan konsumsi air tidak terlalu banyak. Namun sebaiknya jika ingin meminum air, lakukanlah sebelum dan sesudah makan.

Makanlah dengan perlahan agar tidak tersedak dan batuk pada saat makan. Yang terpenting juga, adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Untuk mengurangi risiko tersedak, pilihlah lauk yang berkuah seperti sup, agar makanan mudah masuk dan dicerna tubuh. Selamat makan.

Baca juga:

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar


Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016