Menguak Misteri Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh, Kerinci, Jambi
Sumber :
  • Panoramio

VIVAlife - Danau yang tenang dengan pemandangan alam fantastis, pastilah mengundang banyak orang datang berkunjung. Terlebih, bila danau tersebut punya banyak kisah legenda yang semakin menggelitik rasa penasaran.

Pemalang Siap Tawarkan Desa Wisata Cikendung

Jemput Wisatawan, Pemalang Akan Bangun Bandara

Salah satu danau itu, berlokasi di Indonesia, tepatnya di Provinsi Jambi. Danau Gunung Tujuh namanya. Seperti yang tersirat dari namanya, danau tersebut memang dikelilingi tujuh gunung.

Ada pun ketujuh gunung tersebut adalah Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut , Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh.

Menilik Keindahan Tempat Wisata di Pemalang

Dari sisi geologi, Danau Gunung Tujuh merupakan kaldera, atau danau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi. Istimewanya, Danau Gunung Tujuh merupakan kaldera tertinggi di Asia Tenggara. Luasnya sekitar 960 hektare, dengan ukuran panjang 4,5 kilometer serta lebar tiga kilometer. Ketinggian danau tersebut, sekitar 1,950 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di Desa Pelompek, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Melansir laman Indonesia Travel, danau ini juga punya kisah yang diceritakan turun-temurun. Konon, terdapat dua makhluk halus yang menjaga danau tersebut yaitu Lbei Sakti dan Saleh Sri Menanti, dengan pengikutnya yang berwujud harimau. Penuturan lain menceritakan bahwa danau ini dihuni sepasang naga. Naga jantan menghuni danau dan naga betina menghuni hulu sungainya. 

Terlepas dari berbagai mitos danau ini tetap menjadi wisata yang indah dan unik. Letaknya diatas gunung menjadikan suasananya masih asri dan alami. Tidak hanya itu tempat ini juga menawarkan panorama yang indah menyuguhkan air danau yang jernih yang mampu membuat pengunjung betah berlama-lama. 

 

Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya