Berkreasi Cokelat di Rumah

VIVAnews - Siapa yang tidak suka cokelat? Anak-anak maupun orang dewasa pasti menyukainya. Cokelat, sebutan umum untuk permen cokelat (chocolate candy) biasa diberikan sebagai hadiah atau bingkisan. Dengan bentuk, motif, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian. Bahkan, sebagai ungkapan cinta.

Membuat kue cokelat mesti memiliki pengetahuan bagaimana mengenal dan memperlakukan cokelat yang baik dan benar. Sebab, cokelat yang diproses atau diperlakukan tidak sesuai dengan karakteristiknya, tentu kuenya pun tidak akan sesuai yang diharapkan. Salah satu hal penting yang mesti diketahui ialah bagaimana teknik melelehkan cokelat.

• Au Bain Marry

Masukkan air ke dalam panci, masak sampai mendidih lalu matikan api. Cokelat yang sudah diserut diletakkan dalam mangkuk stainless yang ditumpangkan di atas panci. Diamkan selama 5 menit, aduk sampai semua serutan cokelat mencair. Gunakan panci yang berukuran lebih kecil dari mangkuk stainless agar uap air tidak masuk.

• Menggunakan Microwave
Cincang cokelat, letakkan dalam baskom pirex/baskom kaca. Panaskan microwave selama 5 menit. Masukkan baskom sambil terus diaduk sampai semua cokelat mencair.

• Menggunakan Chocolate Warmer
Panaskan warmer dengan suhu 45 °C, masukkan cokelat yang sudah dicincang ke dalam baskom warmer. Aduk sampai semua, cokelat mencair.

• Menggunakan Rice Cooker
Cincang cokelat kecil-kecil, masukkan ke dalam plastik segi tiga (piping bag), lalu ikat dan taruh dalam rice cooker. Panaskan rice cooker selama 15 menit hingga cokelat mencair sempurna.
Membuat permen cokelat sendiri, bisa nggak ya? Pasti bisa, karena proses pembuatannya sangat mudah. Kalau tidak percaya, buktikan dengan buku ini.

Buku yang membahas kreasi cokelat ini sengaja diperuntukkan bagi para pemula. Tidak sekadar membahas teori cara membuat permen cokelat, buku ini juga dilengkapi dengan foto step by step. Karena itu, pembaca bisa mempraktikkannya dengan mudah. Selamat berkreasi dengan cokelat!

Logo Agromedia

Nayla Purnama Jadi Peran Utama di Film Horor Vina: Sebelum 7 Hari, Diangkat dari Kisah Nyata Viral
Ilustrasi Google.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Google telah memecat 28 karyawan yang berpartisipasi dalam protes perang Gaza pada hari Selasa 16 April 2024 di fasilitasnya

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024