Melahirkan di Usia 40 Tahun, Amankah?

VIVAnews –Hamil dan melahirkan di atas usia 35 tahun selalu dianggap berisiko tinggi. Baik untuk janin maupun sang ibu yang mengandung.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Tapi sebuah penelitian menyebutkan bahwa hamil di atas usia 4o tahun justru bisa memperpanjang umur. Bagaimana mungkin?

Menurut penelitian University of Utah, wanita yang hamil dan melahirkan secara normal di usia 40-50 tahun memiliki kemungkinan hidup lebih lama.

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR

Tapi hal itu hanya berlaku pada mereka yang hamil dengan pembuahan normal, bukan dengan metode bayi tabung atau suntik hormon penyubur kandungan.

Para peneliti mengungkapkan, faktor keturunan sangat berperan dalam hal ini. Terutama masalah kesuburan alami di atas usia 40 tahun.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

“Jika wanita dalam keluarga Anda melahirkan pada usia tua, ada kemungkinan Anda juga memiliki gen yang bisa membuat Anda juga hidup lebih lama,” kata Ken Smith, ketua peneliti.

Ia mengatakan, wanita yang melahirkan pada usia 45 tahun atau lebih memiliki risiko kematian 14-17% lebih kecil daripada wanita yang melahirkan di bawah usia 40 tahun.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa menopause bisa dikaitkan dengan usia yang lebih panjang. Semakin lama datangnya menopause, semakin panjang usia Anda. Hal itu terkait dengan hormon kesuburan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya